oleh

Jelang Pilwali, Dinkes Makassar Akan Turunkan Personil Nakes

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Headline, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Jelang pemilihan Wali Kota Makassar, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar akan menyiapkan tenaga kesehatan di 15 Kecamatan yang ada di Kota Makassar.

Kepala Diskes Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan telah bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) perihal keterlibatan Nakes jelang pilwali Makassar 2020.

Naisyah menyebut keterlibatan nakes akan menimalisir kemungkinan terburuk yang bisa menimpa Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Kami kerjasama dengan komisi. KPU sudah audiens dengan Pj Wali Kota dan sudah ada instruksi juga dari Kementerian Kesehatan untuk keterlibatan tim kesehatan di dalam masalah pilkada, jadi kita tetap mendukung. KPU juga sudah audiens ke kami. Satu tim yang pasti ada sopir, tenaga medis minimal tiga, yah lima orang lah,” ujar Naisyah, Kamis (29/10/2020).

Lebih lanjut, Naisyah mengatakan dalam 1 tim kesehatan yang bertugas di tiap kecamatan terdiri dari 5 orang, yakni sopir, dan tenaga medis.

Naisyah menuturkan, pihaknya hanya bisa menurunkan nakes ditiap kecamatan. Bukan per tempat pemungutan suara (TPS), mengingat jumlah personil yang terbatas. Sementara TPS di Kota Makassar mencapai puluhan ribu. Kendati demikian, ia menyebut Dinkes Makassar akan melakukan rapid test kepada petugas KPPS.

“Baik untuk penyiapan tenaga KPPS nanti kita yang keluarkan pemeriksaan rapid kepada mereka. Satu tim satu kecamatan tapi kan jaga shift karena kan pada hari H dan seterusnya, pada saat perhitungan rawan sekali karena orang tidak tidur, begadang sampai pagi itukan yang banyak bermasalah tiba tiba meninggal pada saat perhitungan suara, jadi kita akan menempatkan tim pada hari H sampai dengan selesainya perhitungan di seluruh kecamatan,” ungkapnya.