oleh

Pandemi, Pacu Kreativitas Pelaku UMKM

Editor : Syarifah Fitriani-Kolumnis-

Penulis: Muh. Nurqadri Jamal, S.Sos, M.I.Kom

Covid 19 muncul di Indonesia di awal tahun ini yang mulanya hanya beberapa orang saja dan terus bertambah dan kemudian meluas ke berbagai daerah lainnya di wilayah Indonesia.

Hingga pada situasi tersebut dilakukan beberapa kebijakan oleh pemerintah daerah terkait penanganan Pandemi ini, dan salah satu hal yang dilakukan adalah PSBB atau Pembatasan Social Berskala Besar untuk meminimalisir penularan Virus dari setiap orang lainnya.

Dampak dari PSBB ini memicu beberapa Aspek lainnya seperti Ekonomi, Pendidikan, social, Industri dan lain sebagainya.

Salah satu dampak yang sangat terasa yang dirasakan oleh pelaku usaha adalah aspek Ekonomi baik itu Makro Ataupun Micro mengingat masyarakat cenderung melakukan pembatasan kegiatan baik itu social ataupun kegiatan Transaksi disisi lain pelaku bisnis membatasi operasionalnya, pun dengan UMKM omset penghasilanya menurun disebabkan hal tersebut.

Menghadapi tantangan tersebut khususnya UMKM sadar bahwa pandemi Covid 19 ini bisa memicu kerugian yang begitu besar terhadap Bisnis yang di jalankan.

Hal ini memicu para pelaku usaha untuk berfikir bagamana kemudian bisnis yang dijalankan tersebut bisa terus berlanjut dan dapat bertahan di tengah situasi krisis akibat pandemi.

Salah satu hal yang dilakukan adalah menganalisis kondisi pasar atau konsumen mereka sehingga kemudian dijadikan sebagai data untuk memaksimalkan peluang usaha.

Beberapa pelaku UMKM saat ini sudah memanfaatkan promosi melalui Digitalisasi atau social media sebagai wadah pemasaran ke konsumen secara lansung, mengingat cara ini dianggap efektif untuk memudahkan atau menunjang aktivitas UMKM ditengah Pandemi.

Metodenya pun beragam baik itu Live promosi melalui Social media ataupun memanfaatkan jasa kurir sebagai penunjang kegiatan usaha UMKM. Cara ini pun dilakukan tanpa mengabaikan metode Konventional.

Hal ini dilakukan sebagai upaya bertahan dalam kesempitan ekonomi dengan tujuan UMKM tetap eksis sebagai motor penggerak ekonomi di tengah Pandemi saat ini.