oleh

BMKG Imbau Sulsel Antisipasi Fenomena La Nina 

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Headline, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Baru-baru ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan kepada seluruh daerah termasuk juga Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), untuk mengantisispasi akan munculnya fenomena La Nina.

Diketahui, fenomena La Nina merupakan fenomena alam yang menyebabkan curah hujan di suatu daerah mengalami intensitas yang berlebihan. Memasuki bulan Oktober 2020, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan fenomena La Nina mulai terjadi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Endro Yudo Waryono mengaku pihaknya telah mempersiapkan segala kemungkinan, bahkan telah menginformasikan update perkembangan setiap harinya perihal fenomena La Nina.

Pasalnya, pihaknya telah mengkoordinasikan beberapa hari lalu bersama BMKG, Basarnas, TNI, Polri, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), dan Lingkup Pemerintah Provinsi. Ia juga menyebut telah memberikan arahan kepada BPBD Kabupaten/Kota untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi datangnya fenomena La Nina.

“Jadi kami mempunyai wadah group yang namanya Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (PUSDALOPS) yang di mana aktivitas group ini adalah menginformasikan update perkembangan setiap harinya. Kami minta untuk memastikan ketersediaan sumber daya logistik dan peralatan di Kabupaten Kota se Sulsel,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Endro mengatakan telah melakukan antisipasi preventif maupun represif, termasuk juga menyediakan logistik dan kesiapsiagaan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kami melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin terhadap perkembangan data kebencanaan dan kondisi cuaca ekstrem kepada Pemerintah Kabupaten Kota dan pihak BMKG,” ungkapnya.

Kendati demikian, Endro mengatakan telah melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin terhadap data kebencanaan dan kondisi cuaca ekstrem kepada Pemerintah Kabupaten/Kota dan pihak BMKG.