oleh

Bukannya Pulihkan Ekonomi, Pimpinan DPRD Soppeng Malah Minta Ganti Mobil Dinas

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ilham-Soppeng-

SOPPENG, BACAPESAN.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Soppeng kembali melakukan pengadaan mobil dinas kepada tiga pimpinannya. Pengadaan di tengah pandemi ini pun menuai sorotan.

Pasalnya, Pemerintah tengah fokus dalam pemulihan ekonomi. Di lain sisi, tiga kendaraan dinas yang digunakan pimpinan DPRD saat ini, masih terbilang layak digunakan.

Ketua Lembaga Kajian Advokasi Lintas Masyarakat Usman saat dihubungi, sangat menyayangkan pengadaan Randis di tengah kesusahan warga yang terdampak pandemi Covid-19. Menurutnya, seharusnya DPRD dan Pemerintah fokus pada pemulihan ekonomi dampak pendemi yang melanda dunia, termasuk Soppeng.

“Sebaiknya Pemerintah dan DPRD berfokus memikirkan pemulihan Ekonomi masyarakat tidak justru menghamburkan uang untuk membeli kendaraan dinas baru untuk pimpinan,” kata Usman.

Menurut dia, anggaran yang digunakan untuk pengadaan kendaraan dinas ini, saya rasa bisa mendongkrak perekonomian pasca tanggap darurat.

“Ditengah pandemi seperti ini sebagian besar sektor mengalami dampak. Untuk itu, pengadaan rasanya tidak etis mengingat kendaraan saat ini masih layak pakai untuk menempuh wilayah Soppeng dan melaksanakan tugas Kedewanan,” terangnya.

Sementara itu, Sekertaris Dewan (Sekwan) Soppeng, Johansyah saat dihubungi membenarkan akan adanya rencana pengadaan kendaraan dinas untuk tiga pimpinan DPRD Soppeng.

“Direncanakan begitu,”ujar Johansyah

Untuk besaran anggaran sendiri kata dia, pengadaan kendaraan dinas yang bermerk Pajero akan memakan biaya Rp 1miliar lebih.

“Anggaran sekitar Rp 1miliar lebih, untuk tiga mobil, pimpinan dan Wakil I dan II,” jelasnya

Pengadaan ini sendiri lanjut dia, karena kendaraan dinas yang digunakan sudah 10 tahun.

“Biasanya kan kalau terganti Bupati, mobilnya diganti juga. Tapi periode sebelumnya mobilnya tidak terganti dan baru direncanakan saat ini,” jelasnya.

Kedati tidak diharuskan untuk diganti, jelas dia, hanya saja pengadaan mobil dinas tersebut telah dikondisikan. “Mungkin beberapa pertimbangan pimpinan sehingga ada keputusan,” katanya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pagu anggaran untuk pengadaan mobil dinas Ketua DPRD Soppeng sebesar Rp700juta, sementara untuk kedua Wakil Ketua DPRD Soppeng sebesar Rp 1miliar, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun 2020, sejak bulan Oktober.