oleh

DPRD Makassar Dukung Program Liposos Untuk Anjal dan Gepeng

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar berencana mengusulakan pembangunan Lingkungan Pondok Sosial (Liposos) di APBD pokok 2021, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar menyetujui pembangunan tersebut.

Ketua Komisi D Bidang Pendidikan dan Kesejahteraan Rakyat DPRD Kota Makassar, Wahab Tahir menyebut akan memperjuangkan usulan Dinsos makassar terkait pembangunan liposus.

“Kita akan memperjuangkan itu untuk APBD 2021 nanti. Kita butuh sesuatu yang lebih efektif,” ujar Wahab, Sabtu (31/10/2020).

Legislator Golkar itu, menganggap penanganan anjal dan gepeng saat ini sudah tidak efektif. Menurutnya, harus ada solusi baru untuk menghilangkan citra buruk Makassar dengan keberadaan mereka.

Lebih lanjut, Wahab mengatakan Dinsos Makassar harus bertindak lebih tegas lagi dalam penanganan anjal dan gepeng, bukan hanya sekedar melakukan penjaringan tetapi diberikan pembinaan agar tidak kembali menjadi anjal dan gepeng.

“Penangannya tidak bisa seperti sekarang, yang hanya melakukan penjaringan saja. Harus ada tindak lanjutnya supaya tidak lagi menjadi gepeng setelah terjaring petugas. Disana dibuatkan tempat khusus untuk diberikan pelatihan. Jadi mereka bisa punya keterampilan setelah keluar nanti. Metode ini efektif untuk menekan keberadaan anjal dan gepeng,” ungkapnya.

Wahab juga menghimbau agar Pemkot Makassar belajar dari strategi penanganan anjal dan gepeng di DKI Jakarta.