oleh

DPRD Makassar Respon Positif Rencana Pembukaan Bioskop

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk kembali membuka bioskop, mendapat respon positif oleh anggota komisi B Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kota Makassar, Hasanuddin Leo.

Hasanuddin, mengatakan dengan kembali dibukanya bioskop, menjadi peluang bagi pengusaha, sebab Kota Makassar sudah keluar dari zona merah covid-19.

“Melihat dari kondisi perkembangan penurunan covid-19 di kota Makassar, bisa menjadi peluang bagi pengusaha bioskop untuk beroperasi kembali. Tentunya seizin pemerintah, tapi tetap dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Hasanuddin, Selasa (3/11/2020).

Hanya saja Politisi PAN itu menekankan, selain adanya aturan wajib cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk area bioskop juga wajib diperhatikan kapasitas ruang bioskop sehingga penonton bisa saling jaga jarak.

“Jadi misalnya bioskopnya 100 kursi mungkin hanya 50 karcis yang dijual sekali pertunjukan. Di samping itu tetap menerapkan protokol yang lain,” ungkapnya.

Hasanuddin mengatakan, kembali dibukanya bioskop, menjadi salah satu pertimbangan untuk pemulihan ekonomi. Sebab, sejak pandemi covid-19 pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan yang cukup drastis.

Seperti halnya, usaha-usaha retail dan restoran dalam mall yang ada bioskopnya terkena dampak signifikan. Mall menjadi sepi pengunjung, tak seramai saat bioskop tersebut beroperasi.

“Juga pendapatan asli daerah tentu terkena dampak. Salah satunya perparkiran mall yang sepi. Belum lagi retail di sekitarnya juga ikut terkena imbasnya,” ungkapnya.