oleh

Parepare Optimis Peringkat Terbaik KIP 2020

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Berhasil meraih peringkat kedua dalam pemeringkatan badan publik tahun 2019, tak membuat Parepare berpuas diri. Kota yang dinahkodai Walikota Parepare, DR HM Taufan Pawe ini menargetkan 2020 tahun ini menjadi daerah terbaik di Sulsel dalam hal keterbukaan informasi publik (KIP) di Sulsel.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare, HM Iskandar Nusu, menjelaskan, hasil sementara monitoring evaluasi (Monev) yang dilakukan oleh Komisi Informasi (KI) Sulsel, Parepare berhasil terpilih sebagai nimonator peraih award keterbukaan informasi publik 2020.

“Saat ini sementara dilakukan kegiatan penilaian. Dari 24 kabupaten kota di Sulsel yang mengikuti kegiatan pemeringkatan, alhamdulillah Kota Parepare berhasil masuk 10 besar. Selenjutnya dilakukan kegiatan penilaian untuk menentukan daerah terbaik,” kata Iskandar usai menerima tim Monev Komisi Informasi (KI) Sulsel, di kantornya, 3 November.

Tim dipimpin langsung Ketua KI Sulsel, Pahir Halim. Sebelumnya mereka diterima secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Parepare, H. Iwan Asaad di ruang kerjanya sekira pukul 09.00 Wita. Turut serta dalam kegiatan Monev KI kali ini, Rosniaty Azis yang merupakan Direktur Yasmib Sulsel.

Menurut Iskandar, segala persiapan telah disiapkan oleh pihaknya menghadapi pemeringkatan badan publik tahun 2020. Mulai dari pengisian SAQ (Self Assessment Questionnaire), pembenahan desk layanan, hingga optimalisasi ketersediaan dokumen publik di website PPID Kota Parepare.

Pihaknya kata Iskandar, juga telah melakukan kegiatan klasifikasi informasi melalui uji konsekwensi untuk tujuh SKPD/OPD dari sembilan yang ditargetkan. “Dengan berbagai perbaikan yang dilakukan, kami optimis meraih peringkat pertama untuk tahun 2020 ini,” ujarnya.