oleh

Dedikasi Di Usia Ke 43 Tahun, PT IKI Luncurkan Kapal Roro Takabonerate

Editor : admin 1, Penulis : Hikmah-Bisnis, Daerah-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM– PT Industri Kapal Indonesia (Persero) memperingati hari jadinya yang ke 43 tahun dengan meluncurkan kapal Rooll Of Rooll (RoRo) KPM Takabonerate.

Kapal dengan nilai pesanan Rp35 Miliar ini hadir sebagai kapal yang digunakan untuk penyeberangan penumpang dari Pantai Bira ke Kepulauan Selayar.

Berkapasitas 265 penumpang, dengan panjang kapal 48,80 meter, lebar 12,00 meter dan tinggi 3,70 meter serta dapat ditumpangi kendaraan hingga 40 kendaraan, kapal ini rencananya akan mulai dioperasikan pada 23 Desember mendatang.

“Pengoperasiannya 23 Desember dia akan deliveri, secepat mungkin Desember itu sudah di Selayar. Mungkin familiarisasi kapal dua minggu setelah itu akan beroperasi,” Kata Direktur Utama PT IKI, Diana Rosa pada peluncuran KPM Takabonerate di Kantor PT IKI, Rabu (4/11/2020).

Dari sisi pengerjaan kata Rosa, pihaknya akan melakukan sistem shif sehingga bisa dirampungkan Desember mendatang

“Meski banyak kendala yang dihadapi, namun dengan kegigihan dan support dari Dirjen Kementrian Laut dan perikanan, dan Dirjen perhubungan darat juga dukungan dari Gubernur Sulsel dan semua pihak terkait, sehingga hari ini dapat diluncurkan,” jelasnya.

Sebagai bagian dari BUMN, kata Diana, pihaknya akan terus berkomitmen penuh untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai penyedia kapal.

“Alhamdulillah ini adalah sebuah kehormatan kebanggan PT IKI Persero untuk membangun kapal Takabonerate untuk Kabupaten Selayar,” Ucapnya.

Kedepan, PT IKI juga akan membangun kapal jenis Roro 500 gt di Wakatobi. Pengerjaanya akan dimulai pada 4 November 2020 mendatang.

“Kami siapkan plate di surabaya. Minggu depan sudah datang blok-blok dan kami juga akan siapkan jasanya,” ungkapnya.(*)