oleh

Picu Kerugian Negara Hingga 43 Triliunan, Truk ODOL Bakal Di normalisasi

Editor : admin 1, Penulis : Hikmah-Daerah-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM– Direktur Jendral Perhubungan Darat dan Laut, Budi Sutiadi mengumumkan pemberlakuan normalisasi kendaraan truk untuk mengatasi permasalahan truk ODOL (Over Dimension Overload).

Hal tersebut diumumkan Budi Sutiadi di sela-sela peluncuran Kapal Roro KPM Takabonerate yang ditandai dengan Pemotongan badan truk sebagai batas over dimensi.

Budi mengungkapkan, normalisasi truk ini dilakukan sebagai bentuk keseriusan pemerintah menangani truk ODOL. Menurutnya, kehadiran truk ODOL ini mengundang permasalahan yang cukup kompleks.

“Kami akan secepatnya menyelesaikan permasalahan truk yang over loading dan over dimensi. Hal ini karena truk menjadi penyebab banyaknya kecelakaan lalu-lintas serta kerugian akibat jalan yang mudah rusak,” pungkasnya.

Bahkan menurut Rudi, dari data yang ada kerugian negara yang diakibatkan oleh truk ODOL tersebut mencapai angka 43 Trilliun.

“Dari data Mentri PUPR, sebanyak 43 Trilliun kerugian negara akibat kendaraan truk yang seperti ini, bahkan beberapa gubernur sudah mendukung untuk normalisasi karena kendaraan truk yang sekarang over loading over dimensi ini cukup banyak sekali terutama di Jawa dan Sumatra dan khusus Sulawesi kita mengamati,” pungkasnya.

Budi ikut mengungkapkan, Truk Odol paling banyak beroperasi di Jawa dan Sumatera, dan untuk di Sulawesi, paling banyak di Sulawesi Selatan. Untuk itu, ia berterima kasih kepada Bosowa karena telah menormalisasi truk pengangkutnya.

“Saya berharap nantinya tidak ada lagi jembatan yang tumbang, jadi kalau muatan truk sudah di atas 5 persen, maka toleransinya kita transfer muatan ke kendaraan lain,” ujarnya.

Menanggapi pemberlakuan normalisasi tersebut, Gubernur Sulawesi Selatan melontarkan pujian kepada Dirjen Transportasi Darat dan Laut. Menurutnya, normalisasi truk OLD tersebut adalah program yang sangat inovatif.

“Kami sangat mendukung pak Dirjen, karena bisa kita liat akibat banyaknya truk yang over dimensi ini maka jalan tidak bisa digunakan jangka panjang,” ujarnya.(*)