oleh

Lomba Sekolah Sehat Parepare Mengembangkan Program UKS

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Selama 4 hari, 2-5 November 2020, Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Kota Parepare turun melakukan penilaian sekolah tingkat TK, SD dan SMP di Parepare. Sekolah yang dinilai adalah perwakilan dari masing-masing kecamatan di Parepare.

Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat, Kasna SST MKeb mengatakan Lomba Sekolah Sehat (LSS) merupakan hasil evaluasi atas pembinaan yang baik, penerapan kegiatan serta inovasi pengembangan kegiatan kesehatan melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

“Kita mengharapkan melalui lomba ini sekolah dapat mengembangkan program UKS dan menginspirasi sekolah lainnya. Lomba ini bukan tujuan melainkan cara pemerintah dalam memberikan apresiasi dan monitoring kondisi kesehatan siswa di lingkungan sekolah,” ungkap Kasna yang juga Kepala Bidang Pelayanan, Promosi dan SDK Dinas Kesehatan Parepare.

Selaku Tim Penilai, Kasna sangat berharap ada kegiatan UKS tambahan yang merupakan inovasi dari sekolah yang bermuara pada terwujudnya Germas dan mendukung pendidikan berkarakter.

Kasna mengemukakan, lomba ini sebagai usaha membina, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik. Itu dilaksanakan melalui pengembangan UKS dengan berbagai kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

“Jadi untuk mengukur penerapan sekolah sehat, apakah ada peningkatan atau perbaikan sikap, pengetahuan dan kondisi peserta didik,” terang Kasna.

Penekanan lomba ini adalah TRIAS UKS yakni, pendidikan kesehatan (literasi kesehatan), pelayanan kesehatan (pemeriksaan berkala), dan pembinaan lingkungan sekolah sehat (pembinaan kantin, pengelolaan sampah, ketahanan pangan, dan lainnya).

“Secara tidak langsung pendidikan kesehatan mempunyai 3 keuntungan yakni meningkatkan status kesehatan generasi penerus bangsa pada saat ini, saat mereka dewasa dan pada generasi penerus mereka kelak,” tandas Kasna yang juga Wakil Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Parepare ini.

Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat diketuai Kabag Kesra Pemkot Parepare Abd Waris Muhiddin, beranggotakan Kabid Pelayanan, Promosi dan SDK Dinkes Parepare, Kabid Kesmas, Kesling, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Parepare, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Parepare Dr Muh Idris Usman, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare.
(***)