oleh

Kantor YKI Diresmikan, Aslam Patonangi Harap Pelayanan Pasien Kanker Semakin Baik

Editor : Syarifah Fitriani-Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Gowa, Andi Aslam Patonangi berharap pelayanan untuk pasien penderita kanker di Sulawesi Selatan semakin baik.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri Peresmian Sekretariat, Klinik, Apotek dan Laboratorium Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Sulsel di Jalan Lanto Dg Pasewang Makassar, Sabtu (7/11).

“Kita berharap pelayanan bagi penderita kanker semakin baik di Sulsel, begitupun di daerah termasuk daerah kita di Kabupaten Gowa,” kata Aslam di sela-sela peresmian.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Nurdin Abdullah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas peresmian Sekretariat, Klinik Apotek dan Laboratorium YKI Cabang Sulsel ini. Apalagi menurutnya penyakit kanker tidak boleh dianggap enteng.

“Kita berharap ini juga menjadi solusi bagi teman-teman yang menderita kanker. Semoga ini betul-betul menghadirkan layanan untuk saudara-sudara kita yang menderita kanker. Saya yakin kantor ini akan aktif kedepan,” ujar Nurdin Abdullah.

Dirinya juga berjanji Pemerintah Provinsi Sulawesi akan memberikan perhatian kepada para penderita kanker. Ia menyebutkan Pemerintah Provinsi Sulsel akan membangun rumah singgah untuk para penderita kanker.

“Saya bersama pak Wakil Gubernur akan membangunkan rumah singgah bagi penderita kanker. Ini sangat penting sekali terutama bagi saudara dari daerah-daerah,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua YKI Cabang Sulsel Hj. Liestiaty F Nurdin mengatakan kehadiran Kantor, Klinik, Apotek dan Laboratorium akan menjadi tempat konsultasi dan diharapkan bisa mendeteksi kanker sejak dini.

Liestiaty F Nurdin menyebutkan bahwa kanker paling tinggi khususnya di Sulsel adalah kanker serviks dan kanker payudara. Dari data yang ada, kata Liestiaty F Nurdin kanker tertinggi berada di Kota Makassar, Kabupaten Luwu Utara dan Maros.

“Kantor ini tujuannya sangat mulia, bagaimana penderita kanker stadium dini bisa datang berkonsultasi dengan nyaman. Jadi kita berharap ibu-ibu yang penderita kanker atau bapak-bapak bisa berkonsultasi,” kata Lies.

Selain itu, istri Gubernur Sulsel ini juga berharap kedepan YKI terus mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulsel. Terutama dalam penyediaan alat-alat pendeteksi penyakit kanker.

“Saya berharap pak Gubernur untuk bisa deteksi dini lebih awal, mohon untuk bisa dilengkapi dengan alat yang bisa dalam waktu satu jam bisa kelihatan hasil,” harapnya.