oleh

Lira Warning Pj Walikota Terkait Dugaan Gerakan ASN Dukung Paslon

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Berita-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – DPP LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Sulsel menyayangkan adanya oknum ASN yang diduga melakukan gerakan mendukung paslon walikota tertentu.

Dari data yang dimiliki Lira saat ini, fenomena gerakan ASN ini sudah semakin terang terangan dan massif.

“Sejak adanya pemberitaan, LIRA telah menginstruksikan pengambilan data, apa bila ditemukan kami akan laporkan, termasuk yang melakukan perjalanan ke Bali yang konon denga tujuan untuk cuci otak mendukung paslon tertentu padahal kondisi ekonomi seperti saat yang belum pulih akibat covid 19,” jelas Gubernur DPP LIRA Sulsel, Andi Irwan Paturusi Sabtu (07/11/2020)

Irwan menerangkan, saat ini pihaknya telah mengantongi banyak bukti namun memberikan kesempatan kepada PJ Walikota untuk memberikan teguran kepada ASN tersebut selamat lambatnya senin oekan depan.

“Data di LIRA, ada 7 kecamatan yang memerintahkan bawahannya untuk terstruktur memenangkan calon tertentu. Data tersebut terdiri dari foto, rekaman suara dan aduan beberapa ASN,” terangnya.

Jika hingga senin depan permintaan LIRA tak mendapat tanggapan, maka pihaknya akan mengambil langkah tersendiri, termasuk mewarning bawaslu.

“Kami memberi kesempatan pada PJ Walikota hingga senin untuk memberi sanksi pada bawahannya. Jika tidak, kami akan bersurat ke Mentri Dalam Negeri, Ombudsman, KPU dan Bawaslu,” tegasnya.

Sejalan dengan itu, Sekretaris Lira Provinsi Sulsel, Ahmad Nur menyayangkan sikap ASN tersebut.

“Kami sebagai lembaga masyarakat sangat menyayangkan sekalipun ini masih sebagai dugaan, oleh karena itu kami meminta kepada penyelenggara khususnya pengawas kedepanya untuk lebih intens dan lebih ketat mengawasi ASN,” sambungnya.

Menurutnya, jika Bawaslu tidak mampu mengawasi ASN yang terlibat, pihaknya yang akan turun langsung mengawasi.

“Kalau dianggap hari ini pengawas pemilu tidak sanggup insyallah Lira yang akan hadir untuk mengawasi para ASN yang terlibat pada kontestasi pilkada 2020,” pungkasnya.