oleh

Unibos Rangkul 38 Mitra dalam Lokakarya Penyusunan MBKM

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM– Universitas Bosowa (Unibos) menggelar lokakarya Penyusunan Dokumen Kebijakan, Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus dan Merdeka (MBKM) di Hotel Arya Duta.

Digelar selama dua hari yakni 07-08 November 2020, kegiatan ini dirangkaikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara 38 mitra yang terdiri dari 28 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, tiga instansi negara, Sembilan Perseroan Terbatas, serta SD Negeri Daya 1.

Kegiatan lokakarya ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Rektor Unibos Prof. Muhammad Saleh Pallu, yang turut dihadiri 17 Rektor dari perguruan tinggi Swasta dan Pimpinan PT yang melakukan MoU, jajaran Wakil rektor, Sekretaris Universitas, Dekan Fakultas dan Sivitas Akademika Unibos.

Dalam rangka menyiapkan program MBKM, Universitas Bosowa (Unibos) yang diketuai oleh Dr. Sutia Budi telah menyiapkan sarana untuk merealisasikan program tersebut.

“Kegiatan lokakarya ini merupakan implementasi dari proposal Hibah MBKM dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diterima oleh empat Program studi Unibos termasuk Psikologi, Teknik Kimia, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Prodi Akuntansi.” kata Sutia

Selanjutnya, Rektor Unibos Prof. Muhammad Saleh Pallu, mengatakan Lokakarya dan penandatanganan kerjasama yang kita lakukan ini merupakan upaya untuk menghasilkan dan mengimplementasikan kurikulum MBKM yang merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait hak belajar tiga semester di luar program studi.

“Manfaat dari kurikulum MBKM, bagi mahasiswa Unibos akan diberi hak untuk dapat melaksanakan tiga semester di luar kampus, tentunya agar mahasiswa dapat meningkatkan kompetensinya di bidang masing-masing untuk memenuhi kompetensi lapangan pekerjaan, ” ungkapnya

Ia menambahkan, program MBKM tersebut tidak sulit untuk diterapkan apalagi karena melibatkan universitas lain untuk bekerjasama.

“Unibos tidak begitu sulit untuk mengaplikasikan proram MBKM, karena sejauh ini Unibos sudah bermitra dengan berbagai Perguruan Tinggi, berbagai Perusahaan industri bahkan intens bekerjasama dengan pemerintah daerah” tambahnya.