oleh

Sat Reskrim Polres Parepare Rilis Kasus Penyebar Video Asusila

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Sat Reskrim bersama unit PPA Polres Parepare, merilis kasus penyebaran video asusila, Rabu (11/11/2020) di Markas Polres Parepare.

Pelaku itu inisial, FH (17), berhasil diamankan, setelah melakukan penyebaran video asusila, terhadap pacarnya sendiri WA (15) melalui media sosial.

Kasat Reskrim Polres Parepare, IPTU Asian Sihombing mengungkap, pelaku FH dilaporkan atas dugaan persetubuhan terhadap anak di bawah umur, atau mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat membuat dapat diaksesnya informasi elektronik, dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

“Jadi, kejadiannya sekitar pertengahan Agustus 2020 berkenalan melalui media sosial, dan setelah berpacaraan, keduanya melakukan persetubuhan disalah satu penginapan di Parepare. Perbuatan tersebut sudah dilakukan sebanyak empat kali,” ungkapnya

Asian menjelaskan, korban dan pelaku merupakan pelajar di Kota Parepare. Awalnya, kata dia, pelaku meminta korban untuk dikirimkan video dan setelah itu pelaku juga sekaligus melakukan penyebaran.

“Penyebarannya terjadi dibulan ini, dan kami saat ini telah memeriksa empat saksi untuk mengembangkan kasus tersebut,” tutupnya.

Atas kasus tersebut, pelaku dijerat dengan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, Undang-undang Nomor 19 tentang ITE, dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara dan denda sebesar Rp5 milliar.
(***)