oleh

Bobol Minimarket dan Barber Shop, Komplotan Garong Diringkus Polisi

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Sugi Hartono-Kriminal-

MAKASSAR,BACAPESAN.COM – Jajaran Unit Reskrim Polsek Ujung Pandang meringkus komplotan garong pembobol minimarket di Jalan Penghibur dan barber shop di Jalan Thamrin, Kota Makassar.

Ada dua pria yang diamankan polisi yakni Anto (50) dan Firman (37). Anto sendiri diduga jadi dalang pembobolan dua lokasi tersebut. Sementara Firman hanya terlibat dalam pembobolan barber shop.

Kapolsek Ujung Pandang AKP Bagas Sancoyoning Aji mengatakan pihaknya lebih dulu meringkus Anto di Kecamatan Tamalate Kota Makassar pada 8 November. Dua hari kemudian Firman turut diamankan di lokasi yang sama.

“Hasil lidik ada tiga orang, satu lagi masih dalam pengejaran berinisial W yang teribat pembobolan di minimarket Jalan Penghibur,” kata Bagas di Mapolsek Ujung Pandang

Pencurian di minimarket, lanjut Bagas dilaporkan korban terjadi pada Senin 2 November, sekitar pukul 04.00 Wita. Total kerugian akibat ulah Anto dan W ditaksir Rp16,6 Juta.

“Barang-barang di etalase seperti rokok, coklat, es krim dan barang lainnya. Kemudian uang tunai Rp750.000. Serta handphone yang biasa digunakan sebagai aplikasi pelaporan sistem keuangan di minimarket,” jelasnya.

Anto berperan sebagai eksekutor yang masuk ke dalam minimarket dengan merusak gembok pintu utama. Warga Kabupaten Gowa itupun leluasa menggasak isi minimarket. “Yang bersangkutan memang spesialis,” ucap Bagas.

Dia melanjutkan di Barber Shop Anto jugalah eksekutornya, Firman hanyalah pengintai situasi. Aksi pencurian tersebut dilakukan pada Senin 26 Oktober, sekitar pukul 03.30 Wita.

“Keduanya membawa kabur uang tunai Rp4Juta dan 10 kaleng gel rambut. Anto masuk dengan mencongkel pintu pakai linggis,” papar Bagas.

Firman sendiri, lanjut Bagas kebagian duit Rp300.000 dan satu kaleng gel rambut dari aksi pencurian bersama Anto. “Uangnya sudah habis dipakai kebutuhan sehari-hari,” tukas dia.

Akibat perbuatan tersebut, mereka harus mendekam di sel tahanan Mapolsek Ujung Pandang. Anto dan Firman bakal dikenakan pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan, ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.