oleh

Dewan Optimis Serapan Anggaran Kelurahan Rampung Akhir Tahun

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Penggunaan anggaran disejumlah kelurahan di Kota Makassar perlahan berjalan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, optimis akan menuntaskan belanja anggaran kelurahan kurang lebih Rp60 miliar.

Sebelumnya, dari laporan terakhir Badan Pemeriksa Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) realisasi penyerapan anggaran masih sangat minim baru mencapai Rp4 miliar dari total kurang lebih Rp60 miliar.

Anggota Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kota Makassar, Kasrudi mengatakan penggunaan anggaran yang dilakukan, sebagian besar telah direalisasi untuk pemberdayaan masyarakat.

“Rata-rata pemberdayaan masyarakat itu kalau saya liat datanya sudah dilaksanakan semua, sisa yang belum fisiknya rata-rata belum, mereka katanya sudah fisik masing-masing,” ujar Kasrudi, Rabu (11/11/2020).

Secara presentase, Legislator  Gerindra itu menyebut telah berjalan 80 persen. Hanya saja, persoalan petunjuk teknis (juknis) terlambat diterima oleh lurah. Untuk itu, ia mengatakan akan segera membahasnya dalam waktu dekat mengingat waktunya mepet.

“Ada beberapa kelurahan yang saya ketemu langsung katanya juknisnya terlambat. Kebetulan rapat Bamus ini coba saya agendakan. Karena ini juga mau pembahasan pokok ini masuk,” ungkapnya.

Selain itu, Kasrudi meyakini bahwa anggaran mampu tercapai dengan waktu kurang dari sebulan lagi.

“Kemungkinan besar tercapai, karena fisiknya tidak terlalu besar karena gorong-gorong ji, kalau mau dikejar ini dari awal minggu ini kan paling terkejar itu awal Desember,” ungkapnya.