oleh

RS Turis Bakal Hadir di Toraja

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Kesehatan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Anggaran Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) 2021, ditargetkan sebesar Rp10,44 triliun.

Untuk anggaran kesehatan, dialokasikan sebanyak 13,19 persen dari total belanja daerah di luar gaji.

Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel, Junaedi mengatakan dari anggaran tersebut, akan dilakukan pembangunan rumah sakit regional berdasarkan program RPMJD Sulsel.

Lebih lanjut, Junaedi mengatakan program RPMJD Sulsel akan dilanjutkan, dengan menyelesaikan RS Bone, mendorong RS regional di Wajo, Palopo, hingga menciptakan rumah sakit turis di Toraja yang bertaraf internasional.

“Artinya kemasan rumah sakit turis, tapi kita mau ini jadi regional karena prioritas kita masyarakat setempat bisa memanfaatkan,” ujar Junaedi, Rabu (11/11/2020).

Pasalnya, dalam 1 RS rata-rata menelan anggaran sebesar Rp150 hingga Rp200 miliar. Junaedi juga mengatakan rencana pembangunan RS turis itu, dilengkapi dengan fasilitas yang baik dan nyaman serta pelayanan yang baik bagi para wisatawan juga masyarakat lainnya.

“Bukan bangunan baru, tapi RS yang ada dikembangkan. Tapi ada namanya multiyeaers berarti bertahap kita lakukan,” ungkapnya.

Junaedi mengatakan pembuatan RS turis di Toraja yang bertaraf internasional, lantaran wilayah tersebut sudah menjadi destinasi andalan Sulsel yang sering dikunjungi wisatawan.