oleh

BKMG Minta Masyarakat Waspadai Fenomena La Nina

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Fenomena La Nina diperkirakan terjadi, Prakirawan BKMG Makassar, Esti Kristantri minta masyakat waspadai potensi peningkatan curah hujan saat puncak musim hujan yang umumnya terjadi di wilayah Sulsel pada bulan Desember – Januari.

Sebelumnya, Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksi fenomena ini akan berlangsung mulai bulan November 2020.

Esti menjelaskan fenomena la nina ini berpeluang meningkatkan curah hujan 20 – 40 persen. Namun yang perlu diwaspadai masyarakat sebenarnya adalah

“Karena saat musim hujan kan seperti yang kita ketahui intensitas hujan itu tinggi apalagi ditambah dengan la nina jadi potensi terjadinya bencana hidrometrologi juga semakin meningkat,” ujar Esti, Jum’at (13/11/2020).

Lebih lanjut, Esti mengatakan ada sejumlah daerah yang perlu diwaspadai saat puncak musim hujan pada Januari 2021 mendatang, yang sebagian besar ada di wilayah pesisir barat dan juga wilayah utara.

“Untuk wilayah pesisir barat, terutama daerah-daerah yang seperti pada tahun-tahun sebelumnya sempat terjadi bencana banjir itu seperti wilayah Pinrang, Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar. Aliran massa udara basah ini yang berpotensi meningkatkan curah hujan  di Indonesia,” ungkapnya.