oleh

Proyek Fisik Minim, Anggaran Kelurahan Hanya Fokus di Pemberdayaan Masyarakat

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Realisasi pekerjaan fisik minim, anggaran kelurahan 2020 hanya fokus pada program pemberdayaan masyarakat.

Berdasarkan data Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar, tercatat realisasi anggaran kelurahan per November 2020 untuk pekerjaan fisik hanya dilakukan 4 kelurahan.

ke-4 kelurahan tersebut, yakni Keluraham Sudiang, Paccerakkang, Berua, Kecamatan Biringkanayya, dan Kelurahan Balla Parang, Kecamatan Rappocini.

Sementara, terdapat 149 kelurahan di Kota Makassar sama sekali tidak melakukan pekerjaan fisik. Pasalnya, realisasi pekerjaan fisik tersebut berbanding terbalik dengan realisasi pemberdayaan masyarakat yang tercatat hampir semua dikerjakan oleh semua kelurahan.

Perbandingan tersebut, dapat dilihat bahwasanya hanya 18 kelurahan yang tidak menjalankan

realisasi pemberdayaan masyarakat.

Anggota Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kota Makassar, Kasrudi  membenarkan realisasi pekerjaan fisik yang masih minim ditingkat kelurahan.

“Itu kalau saya lihat datanya rata-rata memang pemberdayaan masyarakat itu sudah jalan semua, nah ini memang sekarang sisa fisik,” ujar Kasrudi, Selasa (17/11/2020)

Kasrudi mengaku telah berkoordinasi langsung dengan Kepala BPKAD serta pihak kelurahan pihal program fisik kelurahan yang minim terealisasi.