oleh

Sisipkan Uang Receh Sisa Belanja di Celengan PKK Kelurahan

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pengurus PKK Kelurahan Ujung Lare, Kecamatan Soreang kini menghadirkan celengan berbahan limbah.

Hadirnya program celengan tersebut merupakan inisiasi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan agar para ibu-ibu pengurus PKK, baik di tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan dapat menyisipkan uang receh dari belanja dari pasar untuk disimpan dalam celengan itu.

Menurut Erna Rasyid Taufan, uang receh yang telah terkumpul dari celengan tersebut akan digunakan untuk mrembantu masyarakat yang membutuhkan, termasuk korban bencana alam.

“Tidak usah banyak-banyak. Biasanya kalau kita dari pasar ada uang receh kembalian. Nah jika itu terkumpul dalam celengan PKK, maka kita bisa gunakan mrmbantu masyarakat yang membutuhkan,” ujar Erna Rasyid Taufan.

Instruksi Ketua PKK Parepare ini sigap ditanggapi oleh para pengurus, salah satu di antaranya Ketua PKK Kelurahan Ujung Lare’ Kecamatan Soreang, Nur Haerana.

“Alhamdulillah kita sudah realisasikan celengan PKK dan Dasawisma sebagaimana apa yang menjadi harapan Ketua PKK Kota Parepare, Ibu Hj Erna Rasyid Taufan,” ujar Rana, sapaan dia.

Saat dikunjungi oleh Tim Penilai dari PKK Kota Parepare, celengan yang terbuat dari limbah tempat oli dibalut stiker batik hijau sebagai simbol PKK ini telah dibuka.

“Isi celengan yang telah terkumpul sejak kita mulai akhir Oktober sudah mencapai Rp 400 ribu. Tadi kita sudah buka bersama-sama pengurus PKK tingkat kota,” urainya.

Hadirnya celengan yang memanfaatkan limbah itu diapresiasi Pengurus PKK Kota Parepare, Ervina Rasyid.

“Kita beri apresiasi. Ini tentu mendukung program pemerintah juga dalam mengurangi limbah plastik dengan mengolah menjadi sesuatu yang bernilai. Jadi kolaborasi antara program PKK terkait Celengan sisa belanja dan program pengurangan limbah plastik Pemkot Parepare,” tandas Evi, sapaan wanita yang aktif di berbagai organisasi sosial kemasyarakatan ini.
(***)