oleh

Jadi Saksi Pernikahan Putrinya, Ketua PPP Barru Akui Kedewasaan Berpolitik Suardi Saleh

Editor : Lukman Maddu-Pilkada-

BARRU, BACAPESAN.COM – Kedewasaan berpolitik Calon Bupati Barru nomor urut 2, Suardi Saleh memang patut dijadikan contoh. Mengesampingkan perbedaan pilihan, petahana ini tetap meluangkan waktunya jadi saksi pernikahan putri dari Ketua DPC PPP Barru Andi Wawo Mannojengi.

Meski Andi Wawo merupakan tim pemenangan kandidat lain, bukan berarti Suardi Saleh “baper”. Justru ia bisa memisahkan antara hubungan persaudaraan dan politik. Karena itu, pasangan dari Aska Mappe ini berkenan menjadi saksi pernikahan putri Andi Wawo, yakni Andi Alfianita yang dipersunting oleh Syaftian Syahrir di Masjid Agung Nurul Iman Barru, Rabu 18 November 2020.

Suardi Saleh mengatakan alasan dirinya menerima untuk menjadi saksi pernikahan anak dari Ketua PPP Barru, karena ingin menunjukkan bahwa politik hanyalah pesta demokrasi yang terbatas lima tahun. Sedangkan, persaudaraan dan kemanusiaan tidak terbatas.

“Saya ingin tunjukkan bahwa politik santun itu lebih baik. Marilah kita berkompetisi secara akal sehat dan mengedepankan adat sipakatau dan sipakalebbi. Pak Andi Wawo ini memang secara tidak langsung lawan saya di Pilkada karena partainya mengusung rival saya. Tapi persaudaraan saya dengan dia tidak terbatas, terutama dalam kemanusiaan,” kata Suardi Saleh.

Ia menilai momentum politik seperti Pilkada ini harus dijadikan ajang untuk memberikan pembelajaran politik yang baik kepada masyarakat. Menurutnya jika seluruh masyarakat Barru melek politik maka segala bentuk pelanggaran akan mudah diatasi.

“Moment politik seperti ini bukan hanya bekerja untuk meraih simpati agar dapat dipilih tapi juga harus dijadikan momentum untuk mengajak dan mengajarkan masyarakat agar melek politik sehingga kemungkinan pelanggaran dapat diminimalisir secara dini,” jelasnya.

Sementara itu, Andi Wawo Mannojengi mengucapkan terima kasih kepada Suardi Saleh karena bersedia menjadi saksi pernikahan anaknya, Andi Alfianita yang dipersunting oleh Syaftian Syahrir. Kata dia, apa yang ditunjukkan oleh Ketua Nasdem Barru itu adalah bentuk kedewasaan dalam berpolitik.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Suardi karena menyempatkan waktu untuk hadir dalam pernikahan anak kami, bahkan bersedia menjadi saksi. Sekali lagi terima kasih banyak,” puji Andi Wawo Mannojengi yang juga eks wakil ketua DPRD Barru. (*)