oleh

Jelang Pilkada Maros 2020, Mari Belajar dari Kesalahan Masa Lalu

Editor : Lukman Maddu-Pilkada-

BACAPESAN.COM – BELAJAR dari kesalahan masa lalu. Hal yang mutlak

dilaksanakan jika orang ingin lebih berhasil di masa depan. Kegagalan masa lalu akan bisa menjadi pedoman tentang apa-apa yang harus diubah dan diperbaiki agar kemudian tidak terulang lagi di masa depan.

Demikian pula dengan persoalan birokrasi.

Tahun 2020 ini, merupakan tahun terakhir di periode kedua bagi Bupati dan Wakil Bupati Maros, memimpin kabupaten dengan julukan Butta Salewangang ini.

Kabupaten Maros dikenal sebagai kabupaten penyangga Kota Makassar. Karena Kabupaten Maros merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan ibu kota Propinsi Sulawesi Selatan dan sekaligus terintegrasi dalam pengembangan Kawasan Metropolitan Mamminasata.

Maka posisi kepala kepemerintahan Kabupaten Maros membutuhkan sosok pemimpin tidak hanya cerdas tapi juga memeliki pengalaman, jiwa sosial yang tinggi bermasyarakat serta berintegritas. Serta paham betul kondisi, baik dari segi ekonomi budaya serta potensi Kabupaten Maros di masa depan.

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan masuknya budaya baru, masyarakat Kabupaten Maros harus menigkatkan kualitas sumber daya manusia. Baik dari segi skill dan pengetahuan, serta jaringan yang kuat dalam upaya membentuk komunal yang punya daya saing. Meski identitas lokal namun skill menasiaonal.

Tercermin oleh salah satau tokoh lokal asli putra Maros yaitu Andi Tajerimin yang kemudian memantapkan diri secara total untuk tanah kelahirannya.

Belajar dari rezim sebelumnya dinilai tidak memiliki totalitas dan integritas dalam upaya pengembangan SDM serta pengelolaan lingkungan sumber daya alam (SDA) yang kurang baik, saatnya perubahan. Mereka asyik memperkaya diri membangun dinasti kapital serta melakukan korupsi dan nepotisme yang kami anggap hal tersebut adalah kejahatan yang terorganisir secara epic.

Tetapi syukurlah. Di momen Pilbub 2020 Kabupaten Maros sosok Andi Tajerimin serta pasangannya, Havid S Pasha hadir. Berupaya mendobrak dan melakukan terobosan yang dianggap solusi luar biasa dalam upaya terwujudnya masyarakat adil, makmur.