oleh

Ranperda Perumda Pasar Ditarget Selesai Akhir Tahun

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Berita-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Ketua Pansus Ranperda Perubahan bentuk Perusda menjadi Perumda Pasar Makassar Raya, Kasrudi menargetkan pembahasan tersebut tidak lebih dari 1 bulan.

Sebelumnya, Panitia khusus (Pansus) DPRD Kota Makassar menggelar rapat gambaran umum
naskah akademik Ranperda Perubahan bentuk Perusda menjadi Perumda Pasar Makassar Raya, di ruang Banggar, pada Selasa 17 November 2020 lalu.

Kasrudi mengatakan pembahasan ranperda perumda menjadi perusda Pasar Makassar Raya itu tidak akan banyak mengulur waktu. Sebab, menurutnya pasal-pasal yang akan dibahas nanti tidak banyak yang berubah.

“Satu bulan lah selesai kan ini cuma 150 pasal. Jadi kami coba percepat karena ini juga terkait dengan program kerja Dewan yang kalau tidak salah baru satu yang sudah disahkan jadi Perda,” ujar Kasrudi, Kamis (19/11/2020)

Lebih lanjut, Legislator Gerindra itu menargetkan akhir Desember, program ranperda perumda pasar makassar raya, dapat disahkan.

“Ini kami akan tingkatkan agar program ranperda ini bisa disahkan paling tidak akhir Desember ini,”

Sebelumnya, Dr irwan saputra selaku pembuat naskah akademik mengungkapkan, perubahan bentuk Perusda Pasar Makassar Raya berkesesuaian dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah
klasifikasi bentuk hukum BUMD diubah dari Perusahaan Daerah (PD) atau Perseroan Terbatas (PT) menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) atau Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda).

“Ada enam alasan PD Pasar lebih cocok menjadi Perumda dibanding Perseroda salah satu karena selain pendapatan juga menyangkut pelayanan ke masyarakat,” kata Irwan Saputra.