oleh

Mudahkan Siswa Belajar Aksara, Pemkot Parepare Launching Media Pembelajaran Bahasa Daerah

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota Parepare melalui Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare kini melaunching Media Pembelajaran Bahasa Daerah berbasis IT.

Media pembelajaran sebagai upaya dalam memudahkan siswa belajar aksara Lontara’ Bugis ini dilaunching oleh Wali Kota Parepare melalui Asisten I, Hj Amina Amin di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare, Jumat, (20/11/2020).

“Atas nama Pemerintah Kota Parepare, saya mengapresiasi kegiatan ini. Kegiatan seperti sangat penting sebagai bagian pelestarian seni dan budaya yang dapat memudahkan siswa belajar aksara dan berbahasa bugis,” ujar Amina Amin.

Ia berharap, kegiatan launching media pembelajaran yang dirangkaikan dengan pelatihan tenaga pendidik bidang seni dan budaya yang digelar hingga Sabtu, (21/11/2020) dapat menambah wawasan para guru sehingga dapat meramu pembelajaran bahasa daerah secara menyenangkan.

“Seni dan budaya kita hampir punah. Salah satu pelestariannya melalui bangku sekolah. Di tangan Bapak/Ibulah bahasa daerah sebagai unsur budaya dapat terus lestari,” pesan Amina.

Hal senada juga dikatakan Sekretaris Daerah Kota Parepare, Iwan Asaad saat didaulat sebagai pemateri pertama dalam kegiatan itu.

“Saya ingin sekali suatu saat nanti para siswa tidak hanya mengatakan mata pelajaran IPA, Matematika sebagai mata prlajaran favorit bagi mereka. Tetapi mereka dengan tegas mengatakan mata pelajaran favorit saya adalah bahasa daerah,” imbuh Iwan Asaad memompa semangat puluhan guru yang ikut dalam pelatihan yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat itu.

Secara teknis, Kepala Bidang Kebudayaan Mustadirham menguraikan, latar belakang media pembelajaran itu dinisiasi dengan membentuk Tim Penyusun Media Pembelajaran.

“Media pembelajaran ini kami susun bersama Tim tahun 2019 jauh sebelum Covid-19. Alhamdulillah media pembelajaran yang kami buat ternyata relevan dengan kondisi saat ini. Target kami, 26 ribu siswa di Kota Parepare akan dapat mengakses media tersebut sehingga mereka dapat belajar aksara secara mudah, menyenangkan dan di mana saja,” detail Mustadirham.
(***)