oleh

Berkat Minyak Kelapa, Prof Aladin Jadi Gubes Teknik Kimia Pertama di IT

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Kampus-

MAKASSAR,BACAPESAN.COM – Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar patut berbangga. Untuk pertama kalinya lahir guru besar teknik kimia petama di FTI sekali gua yang pertama di Indonesia Timur.

Adalah Prof Andi Aladin Mustamin yang berhasil menyandang gelar Guru Besarnya setelah menyelesaikan penelitian yang dimulainya sejak 2006 lalu yakni Virgin Coconut Oli (VCO) Zero Limbah yang ia teliti dalam proses penciptaan karyanya.

Prof. Aladin menerangian, dirinya meneliti kelapa untuk diubah menjadi minyak kelapa murni dapat menghasilkan VCO dengan menggunakan teknik tertentu.

“Saya meniliti kelapa kemudian dijadikan menjadi minyak kelapa murni. Dari situlah saya mencoba lagi dengan teknik tertentu untuk menghasilkan VCO yang manfaatnya sangat luar biasa untuk kesehatan dan sangat bagus untuk anti virus,” ucapnya Sabtu (21/11/2020)

Menurut Prof Aladin penelitian tersebut ia pilih karena melihat fenomena yang ada. Menurutnya, selama ini terjadi oerang dagang minyak goreng dan banyak persepsi yang beredar bahwa minyak kelapa berbahaya bagi kesehatan padahal sebaliknya.

“Selama ini banyak kekhawatiran bahwa minyak kelapa kurang sehat, padahal sebaliknyaminyak kelapa memiliki kandungan baik untuk tubuh,” katanya

Apalagi kata dia, Indonesia memiliki banyak sekali tanaman kelapa yang bisa difungsikan buahnya untuk kebutuhan minyak sehati hari.

Kedepan, pria kelahiran Palembang ini, nantinya akan kembali meneliti kelapa untuk dimasukkan kedalam berbagai produk kecantikan seperti sabun, sampo, handbody dan masih banyak lagi yang lainnya.