oleh

BPKH Dorong Generasi Milenial Laksanakan Haji

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Info Umroh/Haji-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Kementerian Agama dan Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) mendorong kaum milenial untuk melaksanakan haji.

Hal tersebut, lantaran tingginya resiko terhadap calon jamaah haji yang berusia di atas 60 tahun menjadi perhatian, sebab kondisi kesehatan yang tidak begitu maksimal bisa saja berakibat semakin memburuk ketika melaksanakan haji.

Anggota Dewan Pengawas BPKH, Abd. Hamid Paddu mengajak generasi milenial untuk melaksanakan haji dengan membuka tabungan haji sedini mingkin.

Hamid mengatakan pihaknya mengsosialisasikan pentingnya haji diusia muda, dengan cara mendorong kaum milenial untuk menabung haji

“Kita berangkatkan para milenial dengan cara kita bantu misalnya sosialisasi soal pentingnya haji usia muda, atau dengan cara kita dorong agar menabung sedini mungkin. Kami akan buatkan program campuran dengan investasi, yang tadinya kalau di bank saja 4 tahun baru Cukup poinnya ini mungkin baru 3 tahun sudah cukup pointnya,” ujar Hamid, Rabu (25/11/2020).

Hamid membeberkan tercatat total daftar jemaah haji muda yang berada di atas 40 tahun dengan rata-rata menunggu yakni 21 tahun sebesar 76 persen. Ia merinci data pendaftar haji usia muda dengan kategori jemaah haji reguler dan khusus dari tahun ke tahun bersifat dinamis.

Berdasarkan data, tahun 2014 total pendaftar jemaah haji muda yakni 450,911, tahun 2015 sebanyak 470,740, tahun 2016 sebanyak 515,269, tahun 2017 sebanyak 611,475, tahun 2018 sebanyak 679.945 dan tahun 2019 sebanyak 748.114.

Lebih lanjut, Hamid mengatakan program yang diiniasi oleh Kementerian Agama dan BPKH ini, semata mata untuk memberi bekal kepada calon haji milenial untuk melaksanakan haji di usia muda.

“Ayo generasi muda berhaji diusia 17 tahun, 20 tahun silahkan karena dari segi kesehatan, bekal ilmu, pengetahuan jelas lebih paham dan aman, karena masih kuat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Hamid mengatakan perihal masa tunggu, dari tahun ke tahun masa tunggu semakin panjang.

“Sekarang masa tunggu 20 tahun untuk generasi muda, bisa saja masa tunggu itu makin lama makin panjang, ungkapnya, dalam event Diseminasi Pengawasan Keuangan Haji, Operasional dan Sustainabilitas Keuangan Haji, di Gammara Hotel.