oleh

Kasus Covid Diprediksi Naik Jelang Akhir Tahun

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Berita-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Jelang libur panjang akhir tahun 2020, potensi kasus pandemi covid-19 akan naik dan menimbulkan claster baru.

Ketua Tim Ahli Data dan Epidemiologi Gugus Tugas Sulsel, Prof Ridwan Aminuddin mengatakan angka kasus pandemi covid-19 akan terus meningkat jika tidak di maksimalkan dengan tracing dan testing.

“jumlah kasus aka terus naik, kalau tdk di maksimalkan tracing, testing,”ujar Ridwan, Selasa (24/11/2020).

Sebelumnya, pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan untuk mengirangi libur panjang di akhir tahun 2020.

Ridwan mengatakan dengan adanya libur panjang  akhir akhir tahun, yang diduga berpotensi membuat kerumuman besar ditempat wisata, Mall, dan lain-lain, pertimbangan pembatasan liburan menjadi pilihan provinsi sulsel.

“Intervensi pengurangan waktu libur, itu kebijakan pada ranah nasional. tentu dengan pertimbangan akan ada liburan panjang yang berpotensi membuat kerumunan besar di tempat2 wisata, mall dll, sehingga pertimbangan pembatasan liburan bisa menjadi pilihan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ridwan mengatakan pemerintah harus pastikan jelang libur panjang, semua tempat wisata menegakkan protokol kesehatan secara ketat

“Point yang lain, semua tempat wisata  memastikan penegakan protokol kesehatan secara ketat,” ungkapnya.

Ridwan menjelaskan sat ini, survey tentang disiplin masker untuk sulsel, diangka 70-80 persen. Ia mengatakan intervensi yustsia harus terus berjalan, kemudian isolasi duta covid terus bekerja, sehingga perlu ekstra ordinary action yang memicu transmissi secara massif.

“Survey tentang disiplin masker itu angkanya di sekitar 70-80%, kemudian intervensi yustsia terus berjalan, kemudian isolasi duta covid masih terus bekerja. Sehingga lonjakan kasus yang tiba2 itu  perlu ekstra ordinary action yang memicu  transmissi secara massif. kembali ke pasal 1, protokol kesehatan harus di tegakkan. ,” ungkapnya.