oleh

Komisi VIII DPR Harap Masyarakat Paham Konsep Pengelolaan Dana Haji

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Info Umroh/Haji-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Anggota Komisi VIII DPR RI, Samsu Niang harap masyarakat dan stakeholder paham konsep dana haji

mengenai pengelolaan dana haji yang dilakukan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Samsu menjelaskan bahwasanya keuangan haji yang disimoan di Bank Syariah, sekarang dikelolah oleh BPKH yang selama ini masyarakat tidak tahu.

“Masyarakat bisa semakin luas dan semakin paham bahwa uang disimpan ke bank syariah itu sekarang yang diperoleh oleh satu badan pengelola namanya BPKH yang selama ini masyarakat tidak tau,” ujar Samsu, Rabu (25/11/2020)

Ia mengatakan DPR RI dalam pengawasan haji terkait badan pengelola haji cukup serius dan cukup jeli, dengan setiap saat memanggil badan pengelola dan badan pengawas perihal sejauh mana pelaksanaan keuangan yang diterima oleh masyarakat, bagaimana penempatan di bank syariah, dan bank BSN.

“DPR dalam komisi 8 ini setiap triwulan melakukan raker dengan badan pengelola dan badan pengawas untuk menayakan progres pengelolaan uang di BPKH itu sendiri,” ungkapnya.

Tercatat dari total dana BPKH tahun 2020, sebanyak 1,47 triliun. Angkat tersebut, tergolong naik dari tahun sebelumnya. Pasalnya, uang tersebut akan dikaji pengelolaannya.

“Total dari dana BPKH tahun ini 1,47 triliun dan itu tergolong naik ya. Nah nanti uang itu yang akan dikaji bagaimana pengelolaannya. Semoga sosialisasi ini bisa membuat masyarakat mengerti alurnya,” tutupnya.