oleh

Jelang Belajar Tatap Muka, Pemprov Bakal Swab Massal Guru

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Edukasi, Headline-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, berencana melakukan test swab massal untuk guru-guru yang ada di Sulsel jelang belajar tatap muka.

Hal tersebut, diungkap Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah saat rapat kordinasi bersama Satuan Tugas (satgas) Covid-19 Sulsel, beserta pelaku usaha restoran dan hotel.

“Tapi yang lebih peting adalah kita akan melakukan swab PCR test kepada seluruh guru-guru yang ada di sulsel. Jadi kita pastikan guru-guru itu sehat,” ujar NA – sapaan akrabnya, saat ditemui di Swiss Belhotel, Rabu (25/11/2020).

Eks Bupati Bantaeng itu, mengatakan rencana dilakukannya test massal bagi para guru di Sulsel, untuk memastikan guru tersebut sehat dan bebas dari pandemi covid-19.

Pasalnya, pelaksanaan test massal tersebut akan dilakukan pada Januari 2021 mendatang. Pelaksanaannyapun dilakukan secara bertahap. Pasalnya, bagi guru-guru yang sudah melakukan test swab, akan diberikan izin untuk mengajar.

“Nanti akan dilakukan januari. Kita akan bertahap. Jadi semua yang siap kita akan berikan izin. Jadi itu kesiapannya dari bawah bukan kami yang intsruksikan,” jelasnya.

Kendati demikian, Nurdin menegaskan kepada satgas covid-19, untuk melakukan pengecekan terhadap kesiapan sekolah yang akan melakukan tatap muka tersebut.

“Tapi kami berharap kesiapan sekolah yang disampaikan oleh guru, kepala sekolah dan nanti dinas kesehatan, satgas akan turun kebawah untuk mengecek apakah kesiapan tatap muka itu sudah bisa dilakukan,” ungkapnya.