oleh

Kadis Kesehatan Pinrang Tegaskan Semua Warga Pinrang Akan Di Vaksin Covid-19

Editor : admin 1, Penulis : Amran-Pinrang-

PINRANG, BACAPESAN.COM– Vaksin Covid-19 yang menjadi kontroversial akhir-akhir ini di media, tidak menjadikan produsen menghentikan produksinya, tetap melakukan pengkajian dan percobaan untuk menghasilkan vaksin yang bermutu.

Vaksin Covid-19 yang telah melalui uji coba, pastinya menghasilkan vaksin yang menghilangkan keraguan untuk penggunanya. Penggunaan vaksin Covid-19 rencananya akan dilakukan awal tahun ini, tak ketinggalan Kabupaten Pinrang.

Saat ditemui di kantornya, Kadis Kesehatan Pinrang, Drg. Dyah Puspita Dewi menuturkan, kami akan siapkan vaksin Covid-19 sebanyak 2.642 yang akan disebar ke Puskesmas 1.526, Rumah sakit Umum 623, Rumah Sakit Madising 156, Rumah Sakit Khadijah 111, TNI dan Polri masing masing 114 dan 112, Rabu (25/11/2020).

Drg. Dyah menambahkan, “pemberian vaksin ini akan di prioritaskan kepada tenaga kesehatan yang bersinggungan langsung dengan penderita Covid-19, jadi tidak semua tenaga kesehatan akan diberi vaksin,” paparnya.

Saat ini sudah tahap pendataan bagi yang diprioritaskan dan rencananya pemberian vaksin akan dimulai bulan januari 2021 tahun depan.

Lebih jauh Drg. Dyah menambahkan, “selain prioritaskan tenaga kesehatan, ABRI dan Polri juga akan menjadi prioritas tapi tidak semua, kami hanya prioritaskan bagi yang bersinggungan langsung dengan penderita Covid-19,” tegasnya.

Selain itu Kata Drg. Dyah, vaksin akan diberi kepada yang berumur dibawah 50 tahun, pasalnya usia diatas 50 tahun biasanya ada penyakit penyerta, yang akan membahayakan jika diberi vaksin. Semua warga akan diberi vaksin nantinya, hanya saja waktunya belum sekarang tapi secara bertahap, janjinya.

“Sekalipun ada vaksin, kita berharap warga Pinrang dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini jangan lupa pakai masker, jaga jarak, hindari keramaian dan jangan lupa cuci tangan pakai sabun di air mengalir,” Drg. Dyah mengingatkan. (*)