oleh

Kadis Lingkungan Hidup Pinrang Ir. Sudirman Resmikan Bank Sampah Desa Makkawaru

Editor : admin 1, Penulis : Amran-Pinrang-

PINRANG, BACAPESAN.COM– Mendengar kata Sampah, yang hadir dipikiran kita adalah jorok dan busuk, sesuatu yang harus dibuang atau disingkirkan, namun tidak demikian yang terjadi di Desa Makkawaru, Kecamatan Mattiro bulu Kabupaten Pinrang.

Masyarakat Desa Makkawaru mempunyai 1 cara unik untuk membantu Pemerintah dalam mengurangi tumpukan sampah.

melalui program bank sampah, masyarakat mengelola sampah rumah tangga untuk dipisah sehingga bernilai ekonomis untuk menambah penghasilan masyarakat.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pinrang Ir. Sudirman yang ditemui, Rabu (25/11/2020). Dalam kegiatan peresmian Bank Sampah di Desa Makkawaru Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang.

Sudirman melanjutkan, pengelola bank sampah ini didominasi para pemuda yang tergabung dalam komunitas penggiat lingkungan hidup, hal ini menjadi salah satu solusi untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi para pemuda dan masyarakat sekitar. selain membuka lapangan pekerjaan, bank sampah ini juga menjadi salah satu solusi untuk menjawab permasalahan sampah yang menjadi salah satu masalah sosial di tengah masyarakat.

hal ini, lanjut sudirman, juga merupakan misi Bupati Pinrang Irwan Hamid untuk menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup. Sedianya, program bank sampah ini juga akan dibentuk di semua Kecamatan sampai ke tingkat Desa/Kelurahan, hal ini tentunya bermuara pada tujuan untuk melestarikan lingkungan hidup yang menjadi tanggung jawab bersama. (*)