oleh

Unggul di Sektor Pangan, Gubernur Harap Sulsel Sumber Pangan Dunia

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Berita-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Mempunyai Sektor pertanian yang unggul, Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menegaskan agar kepada Dinas Ketahanan Pangan Sulsel fokus kepada sektor pertanian untuk mendukung persediaan pangan secara nasional dan internasional.

Eks Bupati Bantaeng itu, menghimbau agar ketahanan pangan tidak hanya berbicara pada sektor pertanian tanaman pangan dan potensi daratan, melaikan juga memikirkan untuk menggali potensi pangan hasil laut.

“Tentu kita berharap potensi ini tidak hanya dikelola biasa-biasa saja tapi ada langkah yang sangat luar biasa yang harus kita lakukan,” ujar NA sapaan akrabnya, Kamis (26/11/2020).

Nurdin berharap, sulsel menjadi tumpuan haraan dunia dalam hal sebagai sumber dan persediaan pangan.

Hanya saja, dikatakan Nurdin saat ini sulsel masih lemah di sektor inovasi. Hal tersebut, lanataran litbang belum dimanfaatkan secara maksimal.

“Ini karena teknologi belum dimanfaatkan secara maksimal. Litbang kita berlum dimanfaatkan,” jelasnya.

Menurutnya, jika litbang ini berkembang, Indonesia sudah mandiri pangan. Sebab produksi bahan pangan yang ada selalu laku karena kebutuhan. Kemdati demikian, Nurdin mengungkapkan kelemahan besar yang terjadi di negeri ini, karena masih kuat ego sektor.

“Produksi kita tidak pernah tidak laku karena ini kebutuhan. Tidak ada orang yang mampu tahan lapar. Kita memiliki segudang orang pintar di kampus. Namun sayangnya Indonesia masih ego sektor,” tegasnya.