oleh

Kemenkominfo – Pemkot Parepare Gelar Pelatihan DEA, Sekda Iwan: Upaya Optimalkan UMKM Sebagai Tulang Punggung Perekonomian

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Parepare menggelar Pelatihan Digital Enterpreneurship Akademi (DEA).

Pelatihan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Parepare, Iwan Asaad yang juga dihadiri Kepala Dinas Kominfo Parepare Iskandar Nusu, dan Kabid Pengembangan SDM Kominfo Makassar, Syarifuddin Akbar, di Hotel Grand Kartika, Jumat (27/11/2020).

Kabid Pengembangan SDM Kominfo Makassar, Syarifuddin Akbar, menjelaskan Digital Enterpreneurship Akademi (DEA) adalah salah satu dari Digital Talent Scholarship yang menjadi program unggulan atau program prioritas Kementerian Kominfo.

Untuk tahun ini lanjut Syarifuddin, Kementerian Kominfo menargetkan 60 ribu peserta namun dalam kondisi pandemi ini, berkurang menjadi 22.500 orang peserta se Indonesia. Dan untuk di bawah koordinasi Balai Makassar dari 7 Provinsi, sebanyak 136 Kabupaten Kota, hanya mendapat 9 jatah salah satunya di Kota Parepare.

“Kita lakukan DEA ini untuk meliterasi para TIK bagi para pelaku UMKM, apalagi pada kondisi pandemi ini yang bisa eksis adalah UMKM. Agar ini bisa tetap berjalan, maka kita menyarankan atau memberikan literasi TIK agar mereka imigrasi ke Digital. Jadi bukan cuma tidak ada lagi tatap muka, tapi kita coba untuk memaksimalkan Tekhnologi untuk bisa menjual produknya,”Jelas Syarifuddin.

Ia mengharapkan kepada para peserta ini tidak ada lagi yang melek IT.

“Makanya dua hari ini kita akan mengajarkan mereka bagaimana model bisnis yang bagus, bagaimana memanfaatkan google , facebook dan instagram untuk memasukkan produk mereka. Sekaligus bagaimana kita mengajarkan mereka foto sederhana, foto produk untuk bisa lebih cantik masuk ke medsos dan bagaimana kreatif konten,”paparnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Parepare , Iwan Asaad yang membuka kegiatan tersebut mengapresiasi adanya pelatihan untuk para UMKM di Kota Parepare.

Menurutnya, kegiatan ini sesungguhnya sangat penting dilaksanakan, karena sangat berkaitan dengan situasi saat ini dalam masa pandemi Covid-19.

“Ini merupakan upaya untuk memgoptimalkan UMKM yang sebagai tulang punggung perekonomian. Karena disaat kita resesi, ternyata yang dapat bertahan itu adalah UMKM. Olehnya itu, pelatihan seperti ini dapat dimanfaatkan oleh para peserta yang mengikutinya,”tandas Iwan.
(***)