oleh

DPRD makassar Usul Tambah Mesin Cetak e-KTP

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Headline, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Juru Bicara (jubir) Bandan Anggaran (Banggar) DPRD Makassar, Hasanuddin Leo minta pengadaan mesin cetak di kecamatan.

Hal tersebut, lantaran kerap terjadi penumpukan berkas di dua Dinas, yakni  Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Balaikota Makassar.

Legislator Fakrsi PAN itu, mengatakan pihaknya akan mengusulkan pengadaan penambahan mesin e-KTP di masing-masing kecamatan.

“Tahun depan kami minta mesin cetak KTP-el untuk diadakan di masing-masing kecamatan. Sehingga memperlancar pencetakan agar tidak berbondong-bondong,” ujar Hasanudin, Senin (30/11/2020).

Diketahui, saat ini pencetakan e-KTP hanya bisa dilakukan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Balaikota Makassar.

Lebih lanjut, Hasanudin mengatakan pelayanan Disdukcapil perlu diperluas. Sebab, ia menyebut saat ini Dua zona yang ada, dinilai masih belum ideal dalam melayani masyarakat.

Apalagi, disituasi pandemi ini, pelayanan pecetakan e-KTP di dua zona itu cukup terbatas, sementara antusias masyarakat sangat besar.

“Jaraknya juga menjadi pertimbangan. Bayangkan masyarakat dari pinggiran kota harus datang ke kantor Dukcapil. Padahal kan seharusnya bisa dimudahkan. Sisa kita tempatkan di kecamatan yang jumpah penduduknya besar,” ungkapnya.