oleh

Tidak Kantongi Izin Polisi, Debat Ketiga Bakal Digelar di Luar Makassar

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Headline, Pilkada-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, akhirnya mengurungkan niatnya untuk menggelar debat kandidat ketiga calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2020, di Kota Makassar.

Sebelumnya, KPU Kota Makassar telah menetapkan pada tanggal 4 Desember nanti, debat kandidat akan dilakukan di Kota Makassar. Namun, harus batal lantara kesibukan jelang pelaksanaan di hari pemilihan menjadi pertimbangan KPU.

Komisioner KPU kota Makassar Divisi Sosialisasi, Patisipasi Masyarakat, dan Pendidikan Pemilih, Endang sari mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi bersama pihak keamanan (Kepolisian) perihal izin pelaksanaan debat ketiga. Namun, pihaknya tidak mengantongi izin tersebut.

Pasalnya, pihak kepolisian tidak mengizinkan debat kandodat ketiga berlangaung di Makassar. Sehingga, karena tidak keluarnya izin dari pihak keamanan mengharuskan KPU memboyong debat ke Jakarta.

“Tadi sore kita rapat sama pihak keamanan. Mereka cuma kasih dua pilihan, digelar di luar Makassar atau tidak dilaksanakan sama sekali. Karena kita menganggap posisi debat kandidat ini sangat krusial bagi pemilih, khususnya di masa pandemi ini, maka tidak ada pilihan lain selain membawa debat keluar Makassar. Debat ini tidak bisa dihilangkan,” ujar Endang, Selasa (1/12/2020)

Lebih lanjut, Endang memastikan keamanan bakal dilakukan secara berlapis. Sebab, pihak stasiun tv juga siap menjamin tingkat keamanan pada saat debat berlangsung.