oleh

Meski Tak Capai Target, Retribusi Damkar Naik Rp600 Juta Tahun Depan

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Meski tidak mencapat target retribusi di tahun 2020, Anggaran retribusi Dinas pemadam kebakaran (Damkar) Kota Makassar, berpotensi naik sejalan dengan diaturnya regulasi wajib alat pemadam api ringan (APAR) di tahun 2021 sebesar Rp600 juta.

Sebelumnya, Damkar Kota Makassar untuk Alat Pemadam Api Ringan (APAR) tidak memenuhi target di tahun 2020, dari target sebesar Rp500 juta, hanya berhasil mencapai kurang lebih 300 juta.

Kendati demikian, Ketua Komisi B Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kota Makassar, William Laurin mengatakan akan ada pengembangan baru yang nantinya akan mengikat di Damkar. Seperti halnya, luasan lahan setiap APAR.

“Itu berpotensi meningkatkan retribusi di tahun yang akan datang. Regulasi yang bakal digodok tahun depan diproyeksi akan meningkatkan secara signifikan retribusi damkar,” ujar William, Kamis (3/12/2020)

Legislator PDIP itu, mengatakan regulasi yang akan digodok tahun depan, diproyeksi akan meningkatkan secara signifikan retribusi damkar. Terlebih, kata dia ekspansi retribusi akan didorong, bukan hanya pada kantor Pemkot Makassar.

“Ada potensi juga mereka bisa menarik ke provinsi di perkantoran ini yang mereka lagi hitung dan mereka bisa sampai lebih, bagaimana kalau sudah ada regulasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, William mengatakan jika regulasi tersebut nantinya diterapkan, maka diprediksi potensi retribusi APAR mencapai miliaran.

“Apalagi kebutuhan APAR sangat baik dalam menekan angka kebakaran di Kota Makassar yang belakangan meningkat pesat,” ungkapnya.