oleh

16.187 Guru Non PNS di Sulsel Bakal Dapat BSU Rp1,8 Juta

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Edukasi, Headline-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Sebanyak 16.187 orang guru non PNS, akan mendapatkan dana berupa Bantuan Subsidi Upah (BSU) dari Kementerian Agama, sebesar Rp1,8 juta.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Masykur mengatakan 16.187 orang guru non PNS yang akan mendapatkan BSU, terdiri dari kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut, Masykur mengatakan data dari 16.187 orang guru non PNS tersebut, sudah dikirim ke pusat. Ia memperkirakan bantuan tersebut, akan disalurkan pekan depan.

“16.187 orang itu tersebar di seluruh kabupaten kota di Sulsel dan datanya langsung dikirim ke pusat. Kemungkinan minggu depan. Intinya serentak direalisasikan karena anggarannya ada di pusat sehingga yang salurkan juga pusat,” ujar Masykur, Jum’at (4/12/2020).

Sebelumnya, diketahui BSU akan dibayarkan pertriwulan sekali, yakni pada Oktober, November, dan Desember 2020 dengan besaran Rp600 perorang per bulan sehingga total yang didapatkan yakni Rp1,8 juta.

“Ini program pusat dan bukan program di kami (provinsi) tapi itu dalam rangka meningkatkan kemaslahatan teman-teman honorer. Adapun persoalan dananya semuanya dari pusat. Jadi data guru non PNS kita sampaikan melalui Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dan Direktur GTK itu yang mengelola semua data, termasuk memverifikasi rekening yang ada lalu dikirim,” jelasnya.

Pasalnya, bantuan BSU guru non PNS tersebut akan dikirim langsung ke rekening masing-masing guru. Berikut kriteria yang berhak mendapatkan bantuan BSU, yakni guru yang tercatat di Emis, Simpatika, atau SIAGA.

Selanjutnya, mereka adalah para guru yang telah diverifikasi memenuhi criteria sebagai penerima bantuan, yakni memiliki NIK, Berpenghasilan kurang dari 5 juta rupiah, Bukan penerima program pra kerja, Bukan penerima BSU lainnya, dan Tercatat pada Emis, Simpatika, atau SIAGA yang telah direview oleh Itjen Kemenag dan dipadankan dengan data penerima program Pra Kerja dan BSU lainnya melalui BPJS.