oleh

DLH Sulsel Imbau Warga Tertib Sampah

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Persoalan sampah di Provinsi Sulawesi Selatan, sudah bukan hal baru lagi. Berdasarkan data, produksi sampah untuk Kota Makassar sendiri, mencapai 1.000 ton lebih perhari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Hasdullah mengatakan persoalan sampah di Kota Makassar, sudah overload dipampungan sampah.

Hasdullah mengatakan perlu adanya produksi sampah di Kota Makassar. Selain itu, ia juga mengimbau kepada aparat daerah untuk mengedukasi warganya menerapkan parilaku tertib sampah.

“Sudah overload di pembuangan sampah itu, jadi memang perlu adanya pengurangan produksi sampah, apalagi Makassar produksi 1.000 hingga 1.200 ton per hari. Saya berharap pemerintah kabupaten/kota beserta jajarannya memperkuat edukasi pemilahan sampah rumah tangga,” ujar Haasullah, Sabtu (5/12/2020).

Lebih lanjut, Hasdullah mengatakan perlu ada pendekatan ke RT/RW untuk mendorong masyarakat untuk tertib dalam membuang sampah.

Olehnya itu, Hasdullah berharap masyarakat bisa membangun sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah kabupaten/kota sampai kepada pemerintahan tingkat bawah untuk pemilahan sampah rumah tangga.

“Kira-kira pendekatannya mulai dari paling bawah seperti RT/RW untuk mendorong masyarakat untuk tertib sampah. Kalau ini bisa kita lakulan maka tertib sampah itu bisa kita kendalikan. Tapi memang kuncinya ada di kesadaran, pemilihan sampah rumah tangga,” ungkapnya