oleh

UMKM Perlu Ini Demi Bertahan di Masa Pandemi

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu berevolusi dan meningkatkan kreativitas agar mampu  bertahan dimasa pandemi yang telah berlangsung berbulan bulan lamanya.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Asosiasi Industri UMKM AkuMandiri Sulsel, Baso Bahtiar. Menurut Baso, situasi pandemi membawa UMKM pada kemunduran bahkan tak jarang kehilangan daya tahan. Olehnya pelaku UMKM perlu melakukan penyesuaian dan meningkatkan inovasi.

“Agar bisa tetap bertahan, pelaku UMKM harus melakukan  penyesuaian bisnis karena secara tidak langsung pandemi membawa dampak signifikan,” ujar Baso dalam diskusi virtual Forum Jurnalis Ekonomi Sulsel (Forjess) Senin (7/12/2020) kemarin.

Meski berdampak pada sendi sendi usaha secara langsung, menurut Baso, pandemi menjadi pembelajaran bagi pelaku usaha untuk  membekali dirinya serta memiliki aspek mitigasi  agar tetap eksis sehingga usaha  tetap berlangsung.

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh UMKM adalah menghadirkan perlindungan bagi usahanya, contohnya menggunakan asuransi untuk menjaga keberlangsungan usaha.

Direktur AXA Mandiri Rudi Nugraha, mengemukakan dalam menghadapi pandemi ini  pihaknya memberikan pendampingan bagi UMKM. Tidak tanggung tanggung total klaim pendampingan yang dihadirkan AXA mencapai Rp14 miliar.

“Banyak manfaat dari asurasi, tidak hanya memproteksi diri dari dampak pandemi, tetapi ikut membantu kita untuk terus merawat keberlangsungan termasuk eksistensi usaha yang dijalankan,” Pungkas Rudi.