oleh

ITB Kalla Latih Mahasiswa Presentasi Lewat Pitching Business 

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Program Studi Kewirausahaan Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Kalla menggelar ujian tengah semester mata kuliah Business Model  dan Design System lalu dalam bentuk Pitching Business Model Canvas.

Pitching Business merupakan paparan business plan yang disampaikan secara verbal kepada investor prospektif dalam waktu yang singkat. Kegunaannya untuk melatih mahasiswa mempresentasikan model bisnisnya sendiri.

Pada kegiatan tersebut, mahasiswa presentasi di hadapan tiga penguji secara panel yaitu Praktisi Halaqoh Enterpreneur sekaligus Owner Bakso Mas Cingkrank, Muh. Nur Ashari Bersama Ketua Program Studi Kewirausahaan A. Fauziyah Yahya dan dosen ITB Kalla.

Andi Tenri Pada selaku pengampu mata kuliah menyampaikan pentingnya kemampuan presentasi diasah sedini mungkin oleh entrepreneur pemula.

“Pitching dalam dunia praktis adalah pintu gerbang untuk membuat investor tertarik pada startup kamu dan mau berinvestasi. Di luar sana, banyak pebisnis pemula yang harus membayar puluhan juta untuk dapat mengikuti training khusus presentasi,” Ungkapnya.

Sejalan dengan itu, Ketua Program Studi Kewirausahaan, A. Fauziah Yahya menyambut baik kegiatan ini digandengkan sebagai prasyarat kelulusan mata kuliah.

“Prinsip saya lebih baik ananda dikoreksi, dikritisi ide bisnisnya dan dimatangkan di kelas ini sebelum merasakan kerasnya praktek bisnis yang akan ananda hadapi di masa depan. Pada kondisi tertentu, kalian akan menghadapi situasi pitching, lobby investor dalam kondisi yang mendesak misal lobby di lift atau pada sesi-sesi break. Alhamdulillah, di ITB Kalla kalian akan diajarkan semua itu sehingga kelak dapat menjadi pebisnis profesional dan mandiri,”  Tegas Fauziah.

Kegiatan pitching Business Model Canvas akan menjadi kegiatan reguler di prodi kewirausahaan yang selanjutnya akan semakin mematangkan mahasiswa mendesain sistem bisnisnya