oleh

Politeknik Negeri Bali dan Politeknik Semarang, PNUP bersiap menjadi PTN-BLU

Editor : admin 1, Penulis : Dian-Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM– Kegiatan diskusi tentang persiapan PNUP satker menjadi BLU dihadiri oleh Direktur Pendidikan Vokasi dan Profesi Kemendikbud Benny Bandanajaya yang bertempat di ruang seminar PNUP, Kamis (10/11/2020).

Hadir secara onsite dalam diskusi virtual antara lain Direktur PNUP, para wakil direktur, pejabat struktural, para ketua jurusan serta panitia percepatan BLU PNUP.

Direktur Vokasi dan profesi menyampaikan bahwa perubahan satker menjadi BLU adalah sesuatu yang harus dipersiapkan mulai dari dokumen sampai dengan persiapan kematangan dan perencanaan operasional.

Lanjutnya, sekarang ini Politeknik yg sudah memasukkan proposal di Kementerian Keuangan adalah politeknik Bali, PNJ, dan Politeknik Negeri Semarang.

“Kami berharap PNUP juga segera melakukan hal yang sama bila hal persyaratan dan data administrasi dan dukungan lainnya termasuk proses kontrol dan pengendalian keuangan baik internal (SPI) maupun eksternal (audit independen) terpenuhi atau berjalan,” ucapnya.

Adapun pembahasan dalam diskusi ini yakni : Pertama, motivasi institusi pendapatan non SPP harus balance dengan key performance standard BLU dengan dioptimalkan seluruh potensi dan peluang untuk dikuatkan dan direncanakan dengan baik. Kedua, masalah tukin ketika BLU diterapkan maka tukin akan dihitung setelah remurasi dan masih ditanggung oleh pusat. Namun beberapa bulan kedepan baru dilimpahkan ke PTN BLU. Ketiga, civitas akademika terus meningkatkan kerjasama dan dikelola secara institusi dan bukan perorangan atau pribadi. Jadi aktivitas bisnis sepenuhnya dikelola secara institusional. (*)