oleh

Antisipasi Dini Peredaran Minol Jelang Nataru, DPRD Makassar Tunggu Regulasi

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk melakukan antisipasi dini peredaran minuman beralkohol (Minol) jelang natal dan tahun baru.

Hal tersebut, sebagaimana yang tertuang pada Perda nomor 4 tahun 2014 tentang pengawasan dan Pengendalian Pengadaan, Peredaran Dan Penjual Minuman Beralkohol.

Sementara, Wakil Ketua Komisi B Bidang Ekonomi dan Keungan DPRD Kota Makassar, Andi Hadi Ibrahim Baso mengatakan regulasi di kota Makassar sama sekali belum mengatur peredaran daring minol, sehingga belum bisa terlalu diandalkan.

Saat ini pihaknya tengah menunggu regulasi dari pusat yang akan ditata lebih baik melalui Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Larangan Minuman beralkohol (minol) yang tengah digodok di Pusat.

“Kami juga sebenarnya lagi nunggu regulasi dari pusat sebenarnya, dari kementrian perdagangan inikan lagi dogodok di DPR RI, UU tentang peredaran minol, jadi kalau di pusat itu larang kami juga ikut,” ujar Hadi, Selasa (15/12/2020)

Lebih lanjut, Hadi mengatakan pihaknya tengah menunggu regulasi dari pemerintah pusat yakni dari kementrian perdagangan yang saat ini sedang menggodok UU tentang peredaran minol.

Hanya saja, dikatakan Hadi jika pemerintah pusat melarang peredaran minol, maka pihaknya juga akan ikut melakukan pelarangan peredaran minol.

Menurut Hadi, masyarakat yang pesta utamanya yang meneguk minol akan sulit mematuhi protokol kesehatan yang telah berlaku, sehingga ada kekhawatiran pasca natal dan tahun baru, makassar justru akan mengalami peningkatan kasus covid-19.