oleh

Jelang Tahun Baru, DPRD Makassar Minta Pemkot Antisipasi Peredaran Minol

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Jelang perayaan Natal dan tahun baru 2021, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk melakukan antisipasi dini peredaran minuman beralkohol (Minol).

Antisipasi tersebut, dilakukan untuk meminimalisir pengedaran Minol disejumlah tempat hiburan malam yang berpotensi munculnya perilaku tidak terpuji sampai pada kriminal.

Anggota Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kota Makassar, Azwar mengatakan pemkot makassar harus menegakkan aturan peredaran minol.

Sebagaimana yang tertuang pada Perda nomor 4 tahun 2014 tentang pengawasan dan Pengendalian Pengadaan, Peredaran Dan Penjual Minuman Beralkohol.

“Mestinya pemerintah kota utamanya pihak terkait itu bisa turun menegakkan hal itu (Perda Minol), tidak boleh karena hari-hari tertentu pemerintah justru biasa saja, karena sudah diatur semua. Yah harus ditindaki ini,” ujar Azwar, Selasa (15/12/2020).

Legislator Fraksi PKS ini, mengungkapkan jelang natal dan tahun baru, peredaran daring minol berpotensi kian tak terkendali, apalagi tanpa pengawasan, remaja hingga anak-anak akan mudah memperoleh hal ini.

“Intinyakan tidak boleh diedarkan, tidak boleh dipasarkan, mau lewat daring mau lewat apa di situlah peran pemerintah. Hukumnya sudah ada, aturannya sudah ada, intinya tidak boleh peredaran minol itu,” tegasnya.

Azwar meminta pemerintah untuk tidak kecolongan potensi peredaran minuman beralkohol. Sebab menurutnya, secara tidak langsung akan meningkatkan kasus Covid-19 di Kota Makassar.