oleh

Kolaborasi Apik Gojek dan BCA Hadirkan Aplikasi Gobiz Plus

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Gojek kembali meluncurkan GoBiz Plus, sebuah aplikasi yang diperuntukkan bagi mitra usaha mengelola bisnis sejak tahun 2018.

Berkolaborasi dengan BCA, GoBiz Plus hadir sebagai solusi perangkat keras (hardware) untuk pelaku usaha dilengkapi kemampuan menerima berbagai jenis pembayaran nontunai, termasuk kartu kredit, kartu debit, QRIS dan berbagai dompet digital.

Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek menjelaskan, kehadiran GoBiz Plus ini membawa misi untuk mendukung pertumbuhan pelaku usaha UMKM.

“Kami sadar, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Disini, Gojek memiliki peranan untuk mendukung teman-teman pelaku usaha agar terus memperoleh akses untuk go-digital, terlebih di masa pandemi ini dimana masyarakat semakin mengedepankan transaksi nontunai agar dapat meminimalisir kontak fisik langsung,”jelasnya

Lebih jauh, kolaborasinya bersama BCA menurut Andre merupakan sebuah kebanggaan terutama karena BCA adalah sesama anak bangsa.

“Kerjasama ini membuat perangkat GoBiz PLUS ini berbeda dan memiliki kemampuan yang belum dimiliki perangkat lain di Indonesia, yaitu platform terbuka (open platform) yang memungkinkan penerimaan seluruh jenis pembayaran nontunai agar kegiatan transaksi lebih efisien”, imbuh Andre.

Membuka peluncuran GoBiz PLUS, Syailendra, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan berharap aplikasi ini benar benar membawa manfaat bagi pelaku UMKM.

“Selama masa pandemi, pelaku UMKM menghadapi tantangan besar, terutama karena daya beli masyarakat yang menurun cukup drastis. Di sisi lain, data Kementerian
Koperasi dan UKM menyebutkan bahwa kontribusi terhadap struktur ekonomi Indonesia itu 99 persen berasal dari UMKM, dengan nilai pendapatan Produk Domestik Bruto (PDB) yang signifikan sebesar 60%,”

“Demi mendukung UMKM untuk bangkit dan semakin maju, upaya kolaborasi dan inovasi agar pasar UMKM Indonesia semakin luas harus menjadi prioritas. Saya mengapresiasi Gojek dan BCA yang telah berkolaborasi untuk menghadirkan inovasi untuk kemajuan UMKM” sambungnya