oleh

Pemprov Sulsel Teken MoU Sister Province dengan Ehime Jepang

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Sebagai langkah meningkatkan sinergi dan kerjasama di berbagai bidang, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan pemerintah Ehime Jepang.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah berharap persaudaraan antara pemerintah Ehime Jepang dan Sulsel dapat terus terjalin dan bersinergi dalam berbagai bidang.

“Saya ingin menyampaikan bahwa Sulsel merasa sangat bahagia karena dapat terus menjadi sister province (Persaudaraan antara provinsi). Kami harap, melalui MoU ini, kita dapat terus bersinergi dan meningkatkan kerja sama di berbagai bidang,” ujar Nurdin, secara virtual pada penandatanganan MoU kerjasama sister province antara pemerintah daerah provinsi Sulsel, di Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Eks Bupati Bantaeng itu, mengatakan penandatangan MoU kali ini dianggapnya sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya lantaran pandemi covid-19.

“Seperti yang kita tahu, pandemi menghambat kegiatan bertemu secara langsung, meski demikian, semoga tidak menghambat semangat semuanya untuk terus bekerja sama menjalin persaudaraan. Bantuan ambulance yang telah dihibahkan sangat berguna bagi masyarakat Sulsel khususnya di saat masa pandemi seperti sekarang. Bukan hanya itu, hasil kerja sama lainnya juga sangat bermanfaat bagi kami,” imbuhnya.

Selain itu, Nurdin berharap UMKM di Sulsel dapat mengadopsi konsep Michi No Eki dan mengembangkan potensi pertanian jeruk lokal.

“Sulsel memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Untuk dapat memanfaatkannya secara optimal, peningkatan penguasaan teknologi dan sumber daya manusia tentunya menjadi salah satu kunci utama,” jelasnya.

Ia berharap melalui penandatanganan MoU Sister Province hari ini, hubungan yang saling menguntungkan antara Ehime dan Sulsel khususnya di bidang sumber daya manusia, ekonomi kreatif, pertanian, dan perikanan dapat terus terjalin terutama, dalam proses pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Diketahui, hadir pada acara tersebut Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Jepang, Heri Akhmadi; Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Kementrian Dalam Negri, Dr Heriyandi Roni, Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel dan seluruh rombongan lainnya.