oleh

Sebelum Penetapan, KPU Makassar Beri Paslon Tenggat Waktu Ajukan Gugatan

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Pilkada-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar memberikan waktu 3 hari kepada tim pasangan calon (Paslon) dalam Pilwali Makassar 2020.

Ketua KPU kota Makassar, M Faridl Wajdi mengatakan setelah penetapan hasil rekapitulasi suara pihaknya memberikan waktu selama tiga hari kepada tim paslon jika ada yang ingin mengajukan keberatan.

“Setelah ini kita akan beri waktu kepada tim calon, jika ada yang ingin mengajukan keberatan waktunya 3 hari setelah kpu kota menetapkan. Dan sampai dengan waktu 3 hari itu,” ujar Faridl, Rabu (16/12/2020).

Sembari menunggu pengajuan dari tim paslon, Faridl mengatakan pihaknya akan mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan administrasi untuk mengantisispasi segala kemungkinan.

“kami tentu akan mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan administrasi untuk mempersiapkan semua kemungkinan,” ungkapnya.

Namun, jika tidak ada sengketa dari tim paslon, maka KPU Kota Makassar sisa menunggu hasil penetan legislatif perkara dimahkamah konstitusi untuk menetapkan pemenang dalam pilwali Makassar 2020.

“Kalau tidak ada sengketa, tugas kami adalah menunggu hasil penetapan legislatif perkara di Mahkamah Konstitusi. Kalau tidak ada di Makassar, makanya kita punya waktu 5 hari paling lambat untuk menindaklanjuti penetapan kembali. Penetapan tindak lanjut putusan MK. Kita tunggu nanti ketika tidak ada sengketa maka kita langsung tetapkan tindak lanjutnya setelah tidak ada sengketa,” tuturnya.