oleh

Dorong Program Profesi Arsitek, UIN Alauddin Teken MoU dengan IAI Sulsel

Editor : Syarifah Fitriani-Kampus-

MAKASSAR,BACAPESAN.COM – Dalam rangka meningkatkan grade Program Studi Arsitektur, UIN Alauddin menjalin kerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Provinsi Sulawesi Selatan.
Penandatanganan MoU kerjasama tersebut bertempat di ruang rapat Rektor gedung rektorat lantai 3 Kampus II UIN Alauddin Makassar, Kamis (17/12/2020).

Dihadiri Wakil Rektor IV Dr Kamalauddin Abu Nawas, Wakil Rektor III Prof Darussalam Syamsuddin, Kepala Biro AUPK Alwan Suban, Ketua Prodi Arsitektur Ir Zulkarnain AS dan Ketua IAI Sulsel Dr H Nasrullah bersama sejumlah pengurusnya.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama Dr Kamaluddin menyampaikan apresiasinya atas kontribusi IAI Sulsel selama ini terhadap peningkatan kualitas akademik Prodi Arsitektur, menurutnya, keberadaan organisasi profesi memberikan pengaruh signifikan bagi penguatan mutu alumni dan program studi yang terkait.

“Salah satu tolak ukur kualitas sebuah institusi pendidikan adalah kiprah para alumninya, dengan kerjasama ini, semoga dapat memperkuat mutu Prodi serta profesionalitas para alumni kita” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Prodi Arsitektur Ir Zulkarnain AS mengungkapkan bahwa selama ini IAI Sulsel telah menjalin kerjasama dengan UIN Alauddin, sehingga banyak membantu dalam kerja-kerja peningkatan kualitas akademik, baginya, capaian akreditasi A yang baru saja diraih Prodi Arsitektur juga tidak lepas dari kontribusi IAI Sulsel.

Ia melanjutkan bahwa MoU tersebut salah satunya bertujuan mendorong terbentuknya program Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr), agar semakin meningkatkan grade prodi Arsitektur UIN Alauddin Makassar.

“Jadi dengan MoU ini, IAI akan bersinergi dalam proses pengajuan program Pendidikan Profesi Arsitek, itu harapan terbesar kita di Prodi Arsitektur” ungkap Zul yang juga alumni pertama Prodi Arsitektur tersebut.

Ketua IAI Sulsel Dr H Nasrullah berharap MoU tersebut dapat melahirkan sinergi0p yang semakin kuat antara organisasi para arsitek tersebut dengan UIN Alauddin Makassar, apalagi tidak sedikit alumni UIN Alauddin yang juga berkiprah di IAI.

“Kami akan selalu mendukung Prodi Arsitektur yang ada di kampus-kampus, tidak terkecuali di UIN Alauddin, selamat atas capaian akreditasi A yang baru saja diraih” tandasnya.