oleh

Pemprov Sulsel Masih Bahas Rencana Swab di Bandara dan Pelabuhan

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Kasus Pandemi Covid-19 di Sulawesi Selatan naik. Rencana Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk menyediakan swab di bandara dan Pelabuhan masih menjadi Pembahasan Pemprov Sulsel saat ini.

Diketahui, PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero) mulai menyediakan layanan tes covi-19, yakni test swab dengan metode PCR dan Rapid test antigen disejumlah bandara yang dikelolah perseroan.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengatakan pihaknya tengah membicarakan prihal adanya swab di Bandara dan Pelabuhan. Menurutnya, Pintu masuk dan pintu keluar di bandara dan pelabuhan perlu diperketat.

“jadi ini kita lagi bicarakan. terutama pintu-pintu masuk. bukan hanya bandara, tapi pelabuhan juga. ini memang harus kita lebih ketat lagi, tetapi yakinlah kenaikan kasus positif ini bahwa klaster baru,” ujar Nurdin, Jum’at (18/12/2020).

Meski banyak yang terkonfirmasi covid-19, Nurdin bersyukur kasus positif tersebut 80 persen OTG. Hal tersebut, dikatakannya berdasarkan analisah sebab RS penampungan pasien positif Covid-19 masih stabil.

“Cuma yang kita syukuri di sulsel ini, kasus positif itu 80 persen OTG. kenapa kita punya analisah seperti itu, karena rumah sakit kita juga masih sangat stabil,” tuturnya.

Eks Bupati Bantaeng itu, mengatakan saat ini pihaknya tengah memperketat pintu keluar dan masuk di bandara dan pelabuhan. Apalagi, Jelang Natal dan Tahun Baru banyak masyarakat yang keluar daerah.

“Makanya kita sekarang agak ketat di pintu masuk dan pintu keluar. kita pastikan orang-orang yang masuk ke sulsel ke daerah masing-masing pastikan dia sehat. Begitu juga yang mau keluar pastikan dia sehat. agar dia tidak mencemari orang diluar. Makanya kita lagi memikirkan metodenya. karena bagimanapun juga sekarang ini lagi padat-padatnya penumpang menghadapi natal dan tahun baru,” ungkapnya.