oleh

FKIP UIM Melepas Alumni yang siap Bersaing di Dunia Kerja

Editor : admin 1-Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM– Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Makassar menggelar malam ramah tamah wisuda sarjana di Hotel Dalton, Ahad (20/12/2020).

Ketua Panitia Ramah Tamah bapak Erwin Nurdiansyah, S.Pd., M.Pd dalam laporannya mengatakan, Ramah tamah FKIP ini dijadikan sebagai ajang silaturahim buat memperkuat kebersamaan dan persaudaraan masyarakat FKIP UIM. Apalagi mahasiswanya sudah dinyatakan lulus dan akan diwisuda insya Allah hari Senin tanggal 21 Desember 2020. Dalam ramah tamah periode II Universitas Islam Makassar tahun ini diikuti 137 mahasiswa lulusan yang berasal dari tiga program studi yaitu: 1) Sebanyak 56 orang lulusan dari prodi PGSD, 2) Sebanyak 70 orang lulusan dari prodi PG-PAUD dan 3) 11 orang lulusan dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Dekan FKIP UIM bapak Badruddin Kaddas, M.Ag., Ph.D, dalam sambutannya berharap bahwa lulusan FKIP UIM dapat menjadi guru profesional. Alhamdulillah mulai tahu 2017 sampai tahun ini FKIP UIM telah menghasilkan alumni sebanyak 545 orang laumni yang telah tersebar di seluruh pelosok nusantara dan berdasarkan hasil pelacakan alumni FKIP alumni sudah terserap di dunia lapangan kerja sebanyak 93%. Banyak alumni FKIP diantaranya telah lolos menjadi PNS dan bahkan mahasiswa sudah menjadi guru di beberapa sekolah mitra FKIP UIM sebelum mereka menyelesaikan studinya, ini menjadi respon positif terhadap calon lulusan kami semoga bisa menjadi guru profesional.

Dalam waktu 7 tahun semenjak berdirinya FKIP telah banyak capaian yang diperoleh. Salah satu capaian yan diraih dalam 3 tahun terakhir ini, yaitu: 1) Semua prodi/jurusan di FKIP UIM telah terakreditasi B, 2) Tahun ini FKIP UIM memenangkan 2 judul proposal hibah kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) oleh Kemendikbud. Dari 5 proposal yang lolos di Universitas Islam Makassar terdapat 2 dari FKIP, yakni: prodi/jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan PG-PAUD sehingga UIM termasuk salah satu kampus yang terbanyak memenangkan hibah MBKM oleh di Indonesia Timur , 3) Dari 2 proposal hibah Inovasi pembelajaran dan teknologi bantu (Teknologi Asistif) untuk mahasiswa berkebutuhan khusus FKIP UIM memenangkan 1 proposal yaitu prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia untuk dibiayai oleh Kemendikbud, 4) Terpilih sebagai lembaga penyelenggara diklat penguatan kepala sekolah dan calon kepala sekolah, 5) 90% dosen FKIP UIM telah tersertifikasi, 6) Tiga tahun terakhir dosen FKIP UIM banyak memenangkan hibah penelitian dan pengabdian yang dibiayai oleh Kemenristekdikti dan Kemendikbud, 7) Alumni FKIP UIM 93% terserap diberbagai lapangan kerja sesuai profil lulusan prodi/jurusan, contohnya banyak alumni FKIP UIM telah terangkat jadi PNS Guru diberbagai daerah, 8) Beberapa dosen telah publis hasil penelitian dan pengabdiannya di lembaga jurnal telah terindeks scopus, 9) Puluhan buku ber ISBN dan HKI yang telah dihasilkan oleh dosen dan masih banyak lagi capaian lain.

“Terakhir beliau berharap menjaga nama baik almamater Universitas Islam Makassar khususnya FKIP dan berharap kepada semua alumni FKIP agar tak hanya bisa terserap dalam dunia kerja, tapi mampu menciptakan lapangan pekerjaan khususnya dalam bidang pendidikan sebab selama kuliah di FKIP kalian telah dibekali dengan mata kuliah kewirausahaan dan entrepreneurship sebagai modal ketika terjun di dunia kerja,” Ungkap Badruddin Kaddas.

Selanjutnya, Rektor Universitas Islam Makassar dalam hal ini di wakili oleh Wakil Rektor 1 bapak Dr. H.M. Arfah Shiddiq, M.A dalam sambutanya mengungkapkan selamat dan sukses kepada semua alumni FKIP yang berjumlah 137 orang lulusan dan saya ucapkan kepada semua orang tua lulusan FKIP. Kalian lulus pada fakultas yang mengharumkan nama baik UIM melalui beberapa capaiannya selama ini, maka seantasnyalah kalian bangga selesai di FKIP UIM. Sejauh ini saya sangat bangga dan mengapresiasi capaian yang telah diraih oleh FKIP dan berharap ke depan FKIP UIM tetap mengembangkan diri untuk memberikan kontribusi untuk memajukan mutu dan kualitas pendidikan di indonesia serta menjadikan UIM sebagai kampus terkemuka di kawasan Timur Indonesia. Beliau menambahkan bahwa sangat berharap ke depan FKIP UIM bisa lebih banyak lagi prestasi yang akan diperoleh.

Turut hadir dalam acara ramah tamah tersebut Dekan MIPA UIM ibu Dr. Tahirah Hasan, M.Si, Wakil Dekan 3 MIPA UIM Ibu Yasnidar, S.Si., M.Si, Wakil Dekan I FKIP UIM Dra. Hj. Andi Besse Marda M.Pd, Wakil Dekan II FKIP UIM Sri Hastati S.E M.Pd, Wakil Dekan III FKIP UIM Ince Prabu Setiawan. B, S.Pd., M.Pd. Juga Ketua Prodi PGSD Erwin Nurdiansyah, S.Pd., M.Pd., M.Pd Ketua Prodi PG-PAUD Nasaruddi R, S.Pd., M.Pd, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Jusmaniar N. S.Pd., M.Pd, Ketua prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Supriadi S.Pd., M.Pd, Ketua Gugus Jaminan Mutu FKIP UIM Riskal Fitri. S.Pd., M,Pd, KTU FKIP UIM ibu Azizah, S.E., M.Si serta beberapa dosen dan staf di FKIP UIM. (*)