oleh

Ini Tips Berkendara Anti Mogok Saat Banjir

Syarifah Fitriani and Hikmah-Headline, Otomotif-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Curah hujan yang cukup tinggi dua minggu belakangan di kota Makassar dan sekitarnya mengakibatkan banjir di beberapa titik.

Selain masuk ke rumah warga, banjir juga menggenangi beberapa jalan yang mengakibatkan mobilitas masyarakat cukup terganggu. Hal tersebut dikarenakan berbagai permasalahan terjadi saat banjir.

Masalah yang paling sering terjadi pada saat banjir adalah masalah pada mesin kendaraan. Banyak kendaraan ditemukan tiba tiba mogok akibat terendam air, sehingga untuk menghalau hal ini terjadi perlu teknik berkendara serta kendaraan yang tepat untuk terbebas dari masalah kendaraan saat banjir.

Abdul Rahman, koord. Yamaha Institute PT. SJAM membeberkan tips berkendara aman saat banjir seperti sekarang ini.

Menurut Rahman, terjadinya mogok pada kendaraan diakibatkan oleh masuknya air pada mesin kendaraan sehingga harus ekstra hati hati saat berkendara.

“Sebisa mungkin hindari genangan air yang tinggi dan menyentuh mesin kendaraan, mogok terjadi karena air masuk ke bodi kendaraan sehingga tak bisa berfungsi dengan normal,” imbau Rahman yang ditemui saat launching prodak baru Yamaha, Gear125 .

Rahman juga mengimbau agar menggunakan kendaraan dengan letak Aki atau accumulator yang lebih tinggi.

“Kebanyakan kendaraan menaruh aki di bagian bawah, nah ini penyebab mogok pada kendaraan sebab aki sangat sensitif air,” ujarnya.

Lebih jauh Rahman merekomendasikan Matic Multi guna Gear125 sebagai kendaraan yang cocok digunakan saat musim banjir. Yamaha Gear125 merupakan motor keluaran terbaru dari Yamaha dengan harga sangat terjangkau yakni Rp.18.226.000 untuk tipe standar dan Rp. 18.826 untuk tipe S.

“Desain dari motor Gear125 ini sangat cocok digunakan saat banjir. Selain karena bodi kecil yang sangat lincah saat dikendarai, Yamaha Gear125 juga menempatkan aki di bagian lebih tinggi dibandingkan motor kebanyakan. selain itu, secara tehnik tutup busi Yamaha juga berbeda, meski mesin tenggelam tetap bisa hidup,”papar Rahman.